Viral!! Seorang Pria Mengkonsumsi Kopi 1 Galon Dalam Sehari, Berikut Bahaya Kopi Secara Berlebihan

JABAR EKSPRES – Video tersebut segera menarik perhatian Dokter Ayman Alatas, yang kemudian memberikan tanggapannya melalui unggahan di TikTok. Dokter Ayman dengan tegas menjelaskan bahaya dari mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Minum kopi memang telah menjadi kebiasaan yang populer di kalangan banyak orang. Meskipun kopi memiliki manfaat Kesehatan tetapi apabila mengkonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan bahaya bahkan kematian. Jadi pada intinya mengonsumsi kopi secara bijak adalah hal yang sangat penting.

Baca artikel lainnya: Tips Menyeduh Kopi Sempurna di Rumah, ini Urutan yang paling Penting!

Namun, memang apa bahayanya jika seseorang mengonsumsi kopi dalam jumlah yang sangat besar dalam satu hari? Fenomena ini baru-baru ini mencuat lewat sebuah video viral di platform TikTok.

Dalam video yang menjadi viral itu, seorang pria terlihat mempersiapkan segalon kopi, mencoba untuk mengkonsumsi minum kopi tersebut dalam beberapa tahap sampai habis.

Menurut penjelasan Dokter Ayman, batas aman kafein yang seharusnya di konsumsi oleh seseorang adalah sekitar 400 mg, yang setara dengan sekitar empat cangkir kopi dalam sehari. Ia juga menyoroti beberapa efek negatif dari konsumsi kafein berlebihan, termasuk masalah pencernaan, detak jantung yang tidak normal, dan bahkan dampak pada tingkat kecemasan seseorang.

“Kafein berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi dan tekanan darah yang tinggi. Komplikasinya dapat sangat serius dan berbahaya,” tegas Dokter Ayman.

Ia berharap agar orang-orang tidak meniru tindakan sembrono tersebut.

“Aku berharap semoga orang yang melakukan hal ini tidak mengalami efek samping yang serius. Namun, tolong di ingat, jangan menganggap tindakan seseorang sebagai contoh bahwa itu adalah hal yang aman untuk di lakukan oleh semua orang. Setiap orang memiliki toleransi tubuh yang berbeda,” tambahnya.

Baca artikel lainnya: Bukan Hoax! Video Viral Rebecca Klopper Geger di Dunia Maya

Video yang menyoroti bahaya minum kopi berlebihan ini telah mendapat perhatian yang besar di TikTok. Dengan banyak warganet yang memberikan tanggapan mereka dalam kolom komentar.

Fenomena ini sekali lagi menegaskan pentingnya pemahaman tentang batas konsumsi yang aman dan bijak saat menikmati minuman kopi yang begitu di sukai oleh banyak orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan