Pantas Allah Sebut Nyamuk Dalam Alquran, Ternyata ini 11 Rahasia Menarik Tentang Nyamuk yang Belum Banyak di Ketahui

Baca juga : Hari Nyamuk Sedunia, Peran dan Tantangan Nyamuk dalam Kesehatan Global

5. Memiliki 6 pisau di belalainya dan masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda.

Di belalai nyamuk terdapat enam pisau. Empat pisau dipergunakan untuk melukai kulit orang yang disengat dengan bentuk luka segi empat.

Tentunya, bagian yang dilukai harus sampai pada katung darah. Sementara pisau yang kelima dan keenam bertemu membentuk pembuluh guna menghisap darah.

6. Memiliki 3 sayap pada setiap sisinya.

Pada saat sedang melukai mangsanya, sayap nyamuk akan bergetar, sampai getarannya berdenging.

7. Dilengkapi dengan alat pendeteksi panas.

Nyamuk juga memiliki rahasia dimana punya organ yang tak dimiliki satu pesawat modern pun. Itulah alat radar atau sensor penangkap panas.

Ini artinya, nyamuk tidak melihat sesuatu dari bentuk dan warnanya, melainkan dari panasnya. Sehingga, walau berada di sebuah kamar yang gelap, ia bisa mengetahui orang yang sedang tidur.

Sebab, panasnya orang yang tidur melebihi panasnya peralatan kamar. Dengan kata lain, sensor penerima panas ini sangat bagus dan sensitif.

Pendeteksi panas nyamuk bekerja seperti infra merah yang berfungsi memantulkan warna kulit manusia pada kegelapan menjadi warna ungu hingga terlihat olehnya.

8. Dilengkapi dengan alat pembius yang membantu dari bahaya jarumnya, agar manusia tidak merasakannya.

Lebih uniknya lagi, nyamuk memiliki alat bius. Jika tidak membius kulit bekas sengatannya, pasti ia sudah dibunuh. Setelah pengaruh biusnya hilang, orang yang disengat baru merasakan gatal. Sayangnya, si nyamuk sudah pergi.

9. Adapun yang kita rasa seperti gigitan adalah hasil dari hisapan darah kita.

10. Dilengkapi dengan alat penyeleksi darah, hingga dia tidak menyedot sembarang darah.

Nyamuk juga memiliki alat pemeriksa darah. Darah apa yang cocok dengannya? Misalnya dalam semalam ada dua anak yang tidur dalam ranjang. Ternyata, pagi harinya, kening anak yang satu penuh dengan sengatan nyamuk, sedangkan yang satu tidak.

11. Dilengkapi alat untuk mengalirkan darah

Rahasia lain dari nyamuk juga memiliki alat penghancur darah yang dihisapnya dari manusia, sehingga darah tersebut mudah mengalir melalui pipa belalainya yang kecil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan