Dikunjungi Delegasi ‘The 2nd ISCoNREM 2023’, Sekda Kota Bogor Paparkan Konsep Penataan Kota

JABAR EKSPRES – Para delegasi peserta dari ‘The 2nd International Summer Course Of Natural Resources and Environmental Management Science ISCoNREM 2023’ melakukan kunjungan ke Balai Kota Bogor.

Rangkaian kunjungan yang berlangsung pada Sabtu (16/9) malam itu, diawali dengan Gala Dinner yang dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian tradisional, penayangan video profil Kota Bogor hingga sesi diskusi dan tanya jawab seputar penataan kota berbasis kearifan lokal, lingkungan dan kebudayaan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah yang menyambut langsung para rombongan delegasi menyampaikan, Kota Bogor telah berkomitmen untuk ikut berperan aktif dalam mengatasi perubahan iklim yang telah terjadi saat ini.

BACA JUGA: DPRD dan Pemkot Bogor Komitmen Ciptakan Good Government

Hal ini diperkuat dengan arah pembangunan kota yaitu green city, smart city dan heritage city yang telah disinergikan dalam program dan kegiatan di dalam RPJMD Kota Bogor tahun 2019-2024.

Ia menuturkan, respon terhadap perubahan iklim dilakukan melalui mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Beberapa program penataan kota yang disampaikan oleh Syarifah Sofiah di hadapan para mahasiswa internasional adalah pengelolaan sampah, limbah dan pemanfaatan lahan.

Kemudian program pembenahan transportasi, pembangunan pedestrian, Program Bogor Tanpa Kantong Plastik (si BOTAK), Naturalisasi Ciliwung, Pemberlakuan Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Program penurunan angka Stunting, Program Open Defecation Free (ODF), Pemanfaatan Lahan, Peningkatan Ruang Terbuka Hijau, Pengembangan Urban Farming dan Kampung Tematik.

“Jadi ini satu hal yang kalau membangun daerah ini yang menjadi tantangan yaitu mensinergikan antara tradisional dan kultur bagaimana membangun ekonomi tapi tetap kearifan lokal dan lingkungan terjaga,” ungkap Syarifah dikutip Senin, 18 September 2023.

“Jadi kalau kita lihat berbagai kota, berbagai daerah pasti akan mengutamakan ekonomi, tapi selain itu Kota Bogor tetap mempertahankan identitas karena tidak banyak kota yang memiliki identitas,” imbuhnya.

Kota Bogor memiliki landasan dalam melakukan penataan yakni green city, smart city dan heritage city.

Sekda mencontohkan bahwa Alun-alun Kota Bogor dahulunya merupakan area yang kini berubah menjadi ruang terbuka yang indah dengan background bangunan heritage Stasiun Bogor 1881.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan