Ribuan Kilometer Ruas Jalan Milik Provinsi Lewat Umur Teknis, Apa Langkah DBMPR Jabar?

JABAR EKSPRES – Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMPR Jabar) menyebut masih ada sekitar 2.362 kilometer (Km) jalan milik Provinsi yang sudah lewat umur teknis.

Kepala DBMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono mengatakan, pihaknya akan terus melakukan berbagai upayad diantaranya dengan pemeliharaan secara berkala.

“Memang masih belum maksimal dan ada saja yang rusak karena umur teknis. Dari jalan kita ini (milik provinsi), itu sudah lewat hampir dari 67 persen dari 2.362 km itu sudah lewat dari umur teknis. Jadi yang bisa kita lakukan satu diantaranya adalah, kita lakukan penanganan pakai pemeliharaan berkala,” ucap Bambang di Bandung, Kamis (7/9).

BACA JUGA: Lakukan Pertemuan dengan Yenny Wahid di Kertanegara, Prabowo Subianto: Matur Nuwun!

Meski begitu, Bambang mengungkapkan di tahun 2023 ini, sudah ada sekitar 354 kilometer ruas jalan milik Provinsi Jabar yang sudah dilakuan perbaikan.

“Di tahun 2023 ini tidak kurang dari 354 kilo yang kita bereskan, nilai kemantapan jalan juga sudah bagus, sudah hampir mendekati angka 84 persen, kemudian sisa-sisanya rencananya mau kita bereskan secara permanen di tahun 2024, dan itu sudah kita usulkan,” ungkapnya

Ia menuturkan pihaknya akan terus berupaya melakukan perbaikan jalan hingga tuntas sebagai mana yang telah menjadi tugas pokok dari DBMPR Jabar

“Jadi selain kita rencanakan penanganan permanen, kita juga akan lakukan pemeliharaan. Sehingga nanti kita akan rutin melakukan pemeliharaan dari hari Ke hari, karena itu salah satu tugas pokoknya DBMPR ini untuk terus memastikan kondisi jalan yang menjadi kewenangan Provinsi dalam kondisi baik,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan