Tips Memilih Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

JABAR EKSPRES — Semakin hari, semakin banyak orang yang memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga pola hidup sehat. Selain menjaga pola makan dan istirahat, olahraga juga menjadi bagian di dalamnya. Dalam artikel ini kamu akan menemukan tips mengenai waktu yang tepat untuk berolahraga. Kamu akan mengetahui olahraga yang bagus itu di jam berapa saja.

Melansir dari alodokter, katanya tidak ada patokan pasti untuk waktu berolahraga. Karena baik olahraga pagi, sore, atau malam hari memiliki kelebihan masing-masing.

Olahraga di Pagi Hari

Banyak orang menganggap bahwa pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Alasan mereka yang memilih olahraga pagi di antaranya ialah:

  1. Udara di pagi hari masih segar dan bersih, terlebih jika olahraga tersebut bersifat outdoor atau di luar ruangan.
  2. Olahraga di pagi hari membuat tubuh lebih berenergi, sehingga cocok bagi orang yang memiliki aktivitas harian yang padat.
  3. Meningkatkan metabolisme sehingga pembakaran kalori dalam sehari cenderung lebih banyak.
  4. Olahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan mood karena di pagi hari otak akan melepaskan hormon endorfin.
  5. Dapat membantu mengontrol nafsu makan sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Olahraga pagi dengan kondisi perut kosong juga dapat membakar lemak 20% lebih banyak. Namun, kamu harus memastikan jika tubuhmu kuat untuk berolahraga tanpa makan terlebih dahulu.
  6. Mampu meningkatkan performa kerja karena olahraga pagi sudah terbukti dapat meningkatkan konsentrasi.

Sementara olahraga sore hari atau malam hari akan memiliki manfaat sebagai berikut.

  1. Di sore hari otot-otot berada pada konsisi ideal untuk berolahraga karena saat sore hari suhu tubuh akan meningkat dan hal tersebut dapat menghangatkan otot.
  2. Olahraga yang kamu lakukan bisa lebih intens karena kekuatan daya tahan tubuh lebih tinggi daripada saat di pagi hari.
  3. Banyak orang yang memilih olahraga di sore hari selepas beraktivitas sehingga kamu bisa bersosialisasi dengan banyak orang.
  4. Membantu menghilangkan stres. Hal ini membuat kam lebih rileks setelah melalui pekerjaan yang membebani pikiran.
  5. Penggunaan energi cenderung lebih efektif karena di sore hari lebih murah menyerap oksigen daripada di pagi hari.
  6. Di sore hari tubuh lebih lincah dan lebih tanggap terhadap reaksi sehingga kamu bisa melakukan jenis olahraga yang membutuhkan kecepatan tinggi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan