Jaga Imun Saat Pancaroba, dengan Konsumsi Makanan-Makanan Ini!

Jabarekspres.com — Musim pancaroba merupakan musim peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan, dan sebaliknya. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa musim pancaroba akan terjadi sekitar bulan Oktober ini, yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Saat itulah tubuh kita akan berusaha menyesuaikan dengan temperatur udara di sekitar. Hal itulah yang membuat sistem imun tubuh kita melemah sehingga kita jadi mudah sakit. Sistem  imun tersebut berfungsi untuk menangkal virus dan bakteri yang akan masuk ke tubuh kita. Menjaga pola makan merupakan salah satu tindakan preventif yang bisa kita lakukan untuk menjaga sistem imun tubuh kita. Melansir dari artikel di Alodokter, berikut merupakan beberapa makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh.

  1. Jeruk

Buah jeruk termasuk ke dalam keluarga Citrus ini mengandung banyak Vitamin C yang berfungsi sebagai salah satu sumber zat besi alami yang bisa meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Jeruk diklaim memiliki kandungan Vitamin C sebanyak 82,7 miligram yang mencukupi 91% kebutuhan harian Vitamin C orang dewasa dalam satu hari. Selain meningkatkan sel darah merah, Vitamin C dalam jeruk juga berguna dalam membantu proses penyerapan zat besi oleh tubuh.

  1. Brokoli

Brokoli dapat membantu kita meningkatkan sistem imun tubuh kita karena brokoli sendiri mengandung Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E. Brokoli mengandung beragam mineral dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

  1. Bayam

Bayam dapat membantu berperan dalam meningkatkan sistem imun karena bayam mengandung Vitamin C, antioksidan, dan beta karoten yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.

  1. Kacang Almond

Kacang almond mengandung Vitamin C dan Vitamin E. Kacang almond juga memiliki banyak antioksidan yang bisa membantu peningkatan imun. Untuk mencukupi kebutuhan harian, disarankan untuk mengonsumsi sekitar 30 gram atau 30 butir kacang.

  1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari memiliki banyak komponen yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan imun tubuh. Di antaranya ialah Vitamin B6, fosfat, selenium, dan magnesium. Biji bunga matahari juga dapat mengurangi risiko terkena infeksi virus dan radang bila dikonsumsi secara rutin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan