Kapan Blue Supermoon Agustus 2023 Muncul? Catat Waktunya di Tanah Air

JABAR EKSPRES – Pada akhir bulan Agustus ini, akan terjadi sebuah fenomena langit yang di kenal sebagai Blue Supermoon. Namun, kapan Blue Supermoon terjadi di bulan Agustus 2023 ini?

Seperti yang di ketahui, fenomena Supermoon ini adalah yang kedua dalam bulan Agustus 2023 yang juga di sebut Super Blue Moon atau Bulan Purnama Biru Super.

Lihat juga : Keyakinan Ilmuwan NASA tentang Kemungkinan Alien Hidup di Planet Venus

Menurut laporan Almanac, bulan Agustus 2023 akan menyajikan dua peristiwa Supermoon. Yang pertama adalah Sturgeon Moon yang terjadi pada tanggal 1 Agustus 2023 lalu.

Kemudian yang kedua, Blue Supermoon yang akan muncul pada tanggal 30 Agustus 2023.

Fenomena Blue Moon 2023 dapat di amati di Indonesia. Namun, kapan tepatnya Blue Moon akan muncul di Indonesia?

Lalu, pada jam berapa kita dapat menyaksikannya? Bagaimana cara terbaik untuk mengamati fenomena Blue Moon ini? Semua informasi ini akan di jelaskan berikut ini.

Waktu Kemunculan Blue Moon 2023 di Tanah Air

Blue Moon akan menjadi pemandangan menakjubkan di langit Indonesia. Berdasarkan informasi yang di berikan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang merupakan bagian dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Blue Supermoon akan terjadi di Indonesia pada hari Kamis, 31 Agustus 2023 dengan detail waktu sebagai berikut :

1. Kamis, 31 Agustus 2023, pukul 08.35 WIB

2. Kamis, 31 Agustus 2023, pukul 09.35 WITA

3. Kamis, 31 Agustus 2023, pukul 10.35 WIT.

Cara Menyaksikan Fenomena Blue Moon

Untuk menyaksikan fenomena Supermoon kedua, yakni Blue Moon, menurut informasi dari BRIN. Cukup dengan mengarahkan pandangan mata kita ke arah Bulan.

Mirip dengan Supermoon, Blue Moon juga bisa di lihat dengan mata telanjang tanpa perlu menggunakan alat bantu optik. Kecuali jika kita berencana untuk mengabadikan momen ini dalam bentuk foto atau video.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa Blue Moon merupakan salah satu peristiwa langka. Karena Blue Moon adalah Bulan Purnama yang muncul kedua kali dalam satu bulan, dan menjadi Bulan Purnama ketiga dalam satu musim yang memiliki empat bulan purnama.

Proses Terjadinya Blue Moon “Supermoon”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan