10 Rekomendasi Olahraga yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

JABAR EKSRPES – Olah raga tidak selalu dilakukan untuk mendapatkan tubuh menjadi sehat, namun bila terlanjur sakit seperti diabetes, maka olahraga menjadi salah satu terapi untuk menjaga kebugaran, agar kondisi tidak mudah ngedrop. Ada 10 rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan bagi penerita diabetes.

Bagi penderita diabetes ternyata olahraga memegang peranan penting untuk menjaga gula darah tetap stabil. Bahkan olahraga dimasukkan dalam manajemen diabetes untuk membantu mengontrol kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Banyak pasien diabetes yang mengalami kesulitan dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil, meski sudah mengurangi berbagai makanan yang mengandung karbohidrat atau gula.

Namun dengan olahraga, upaya tersebut akan menjadi lebih mudah, karena pembakaran lemak terjadi lebih maksimal. Meski begitu, untuk melakukan olahraga yang tepat, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau profesional kesehatan.

Baca juga : Kenali Gejala  yang Umum Diderita & Jenis-Jenis Dari Diabetes!

Berikut beberapa jenis olahraga yang dapat bermanfaat bagi pasien diabetes:

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah bentuk olahraga yang mudah dilakukan dan dapat dilakukan hampir di mana saja. Cobalah untuk berjalan selama 30-45 menit setiap hari. Ini membantu mengendalikan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan stamina.

2. Bersepeda

Bersepeda baik untuk kesehatan kardiovaskular dan membantu mengencangkan otot-otot. Anda bisa bersepeda di luar atau menggunakan sepeda stasioner di gym.

3. Renang

Renang adalah latihan yang lembut bagi persendian, sehingga cocok untuk orang dengan diabetes yang mungkin memiliki masalah sendi. Renang juga membantu mengurangi risiko cedera.

Baca juga : Kasus Diabetes Anak Meningkat 70 Kali Lipat Dibandingkan 2010

4. Olahraga Aerobik

Latihan aerobik seperti senam, zumba, atau latihan berirama dapat membantu meningkatkan denyut jantung Anda dan membakar kalori, membantu mengontrol berat badan dan kadar gula darah.

5. Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan dengan beban tubuh atau alat-alat latihan dapat membantu meningkatkan massa otot dan metabolisme Anda. Latihan ini juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

6. Yoga atau Pilates

Yoga dan Pilates dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, postur tubuh, dan meredakan stres, yang juga dapat bermanfaat bagi manajemen diabetes.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan