ACC Rp 634 Miliar di KUA-PPAS 2024, Komisi IV Berikan Catatan untuk Disdik Kota Bogor

JABAR EKSPRES – Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2024 yang diajukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor akhirnya di ACC atau disetujui oleh Komisi IV DPRD Kota Bogor.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri, menyebut berdasarkan hasil rapat kerja pihaknya menyepakati anggaran sebesar Rp634 miliar akan dikucurkan untuk Disdik Kota Bogor di tahun depan.

Meski merestui, para wakil rakyat memberikan catatan khusus yang mesti dipenuhi oleh Disdik Kota Bogor. Di antaranya meminta realisasi pembangunan dua nit sekolah baru (USB).

Rencananya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan membidik dua wilayah untuk mewujudkan hal itu. Di antaranya Cimahpar 3 di Kecamatan Bogor Utara dan Duta Pakuan, Kecamatan Bogor Timur.

“Alhamdulillah, perjuangan DPRD Kota Bogor dan khususnya komisi IV untuk adanya penambahan unit sekolah baru bisa direalisasikan di tahun depan,” ungkap Gus M sapaan Akhmad Saeful Bakhri dikutip Kamis, 10 Agustus 2023.

Ia menyebut, dalam KUA-PPAS 2024, anggaran yang disiapkan oleh Disdik Kota Bogor untuk membangun 2 unit sekolah baru sebesar Rp33 miliar.

Menurut Gus M, kebijakan itu menjadi pemantik untuk penyelesaian akar persoalan dari permasalahan pelaksanaan PPDB yang menghebohkan di tahun ini.

“Semoga dengan adanya penambahan unit sekolah baru bisa menjawab persoalan PPDB yang kemarin sempat ramai. Kami dari Komisi IV tentunya akan mengawasi pembangunan yang akan dilakukan secara bertahap dari tahun ke tahun ini,” tuturnya.

Selain pembangunan sekolah baru, Komisi IV DPRD Kota Bogor juga turut meminta Disdik Kota Bogor agar memastikan anggaran program pembangunan ruang kelas baru untuk tingkat SD sebesar Rp26,5 miliar dan program rehabilitasi sedang atau berat untuk ruang kelas SD sebesar Rp59 miliar bisa terlaksana.

Sekretaris Komisi IV, Devie P. Sultani menambahkan, adanya dorongan dan dukungan DPRD untuk perbaikan sektor pendidikan yang terus digaungkan, berlandaskan hasil sidak yang dilakukan oleh Komisi IV DPRD Kota Bogor ke SMPN 20 dan ke SD Panaragan Kidul diawal tahun ini.

“Dengan dukungan anggaran dan pengawasan yang kami lakukan. Kami harap jajaran Dinas Pendidikan bisa merealisasikan semua program ini di tahun depan dan terus bersinergi demi kebaikan dunia pendidikan,” warning Devie. (YUD)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan