Iran Siap Lengkapi Pasukan Udara dengan Beli Pesawat Sukhoi Su-35 dari Rusia

JABAR EKSPRES – Kabarnya Iran lagi nekat beli jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia nih, guys! Berdasarkan laporan media Iran pada bulan Maret 2023 lalu, mereka udah mencapai kesepakatan pembelian jet canggih itu. Kesepakatan ini bikin hubungan kedua negara makin akrab, lho, setelah sebelumnya Rusia menggunakan drone buatan Iran dalam perang dengan Ukraina.

Nah, si penyiar IRIB yang dikutip oleh Reuters itu ngomong, “Pesawat tempur Sukhoi-35 secara teknis diterima untuk Iran dan Iran telah memfinalisasi kontrak pembelian.” Tapi sayangnya, belum ada konfirmasi resmi dari Rusia soal pembelian ini. Katanya sih, Iran lagi coba-coba beli pesawat militer dari negara lain juga, tapi mereka enggak sebut nama negaranya.

Baca Juga: Perang Ukraina-Rusia, Rusia Mencegat Serangan Drone Milik Ukraina

Ternyata, Presiden Rusia, Vladimir Putin, udah ketemu sama Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, di Tehren bulan Juli tahun lalu. Ini jelas bikin negara-negara barat yang berpihak sama Ukraina tambah tegang, deh.

Sebenarnya, Iran udah pernah memberikan drone buat Rusia sebelum serangan Rusia ke Ukraina pada Februari 2022. Tapi kayaknya mereka sudah ngasih drone itu sebelum masalah Ukraina meletup.

Tapi, perlu diingat, saat ini Angkatan Udara Iran cuma punya beberapa jet tempur yang udah tua dari Rusia dan Amerika Serikat. Mayoritas pesawatnya didapat sebelum revolusi Iran pada tahun 1979.

Baca Juga: Turki Minta Indonesia Harap Waspada dengan FETO

Tahun 2018, Iran bilang udah mulai memproduksi pesawat Kowsar sendiri buat keperluan Angkatan Udara mereka. Ada beberapa ahli yang bilang Kowsar itu mirip banget sama F-5 yang pertama kali diproduksi oleh Amerika Serikat pada tahun 1960-an. Wah, semoga jet tempur baru dari Rusia bisa bikin Angkatan Udara Iran makin canggih, ya!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan