Indonesia Menjadi Negara Penghasil Kopi Terbesar ke-3 di Dunia!

JABAR EKSPRES – Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer di dunia. Ada berbagai jenis kopi yang berasal dari berbagai daerah, namun dua jenis yang paling terkenal dan banyak dikonsumsi yaitu kopi arabika dan kopi robusta.

Berdasarkan data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), Indonesia tercatat sebagai negara penghasil kopi terbesar ke-3 di dunia pada tahun 2022/2023.

Baca juga: Jemaah Haji Asal Jabar Hilang saat Wukuf di Arafah, Kemenag Masih Lakukan Pencarian

Diketahui negara Indonesia telah memproduksi kopi sebanyak 11,58 juta kantong dengan rinciannya kopi arabika sebanyak 1,3 juta kantong dan kopi robusta sebanyak 10,5 juta kantong.

Sementara produsen kopi terbesar global ditempati oleh negara Brasil, yang telah memproduksi kopi sebanyak 62,6 juta kantong, dan negara Vietnam menjadi peringkat kedua yang telah memproduksi kopi sebanyak 29,75 kantong sepanjang tahun 2022/2023.

Berikut Urutan Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia:

  1. Brasil: 62,600
  2. Vietnam: 29,750
  3. Indonesia: 11,850
  4. Kolombia: 11,300
  5. Ethiopia: 8,720
  6. Uganda: 6,565
  7. India: 6,250
  8. Honduras: 5,400

Kopi arabika dan kopi robusta adalah jenis kopi yang berbeda, keduanya memiliki karakteristik dan rasa yang unik, kopi arabika adalah salah satu jenis kopi yang paling populer dan paling banyak dikonsumsi di dunia.

Jenis kopi ini berasal dari pohon kopi arabika (Coffea arabica), yang pertama kali ditemukan di Ethiopia. Kopi arabika tumbuh di ketinggian yang lebih tinggi, antara 600 hingga 2000 meter di atas permukaan laut.

Biji kopi arabika memiliki bentuk yang sedikit lonjong dan berwarna hijau kebiruan. Setelah dipanggang, biji kopi Arabika menghasilkan rasa kopi yang lembut, ringan, dan sedikit asam.

Rasa kopi arabika cenderung lebih kompleks, dengan aroma yang halus dan nuansa buah-buahan yang khas. Kopi Arabika juga memiliki kandungan kafein yang lebih rendah daripada kopi Robusta.

Di sisi lain, kopi robusta berasal dari pohon kopi robusta (Coffea canephora). Jenis kopi ini umumnya ditanam di daerah dengan ketinggian yang lebih rendah, antara 200 hingga 800 meter di atas permukaan laut.

Biji kopi robusta memiliki bentuk yang lebih bulat dan berwarna lebih cokelat. Kopi robusta memiliki cita rasa yang lebih kuat dan pahit dibandingkan dengan kopi arabika.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan