Tips Aman Mengonsumsi Kopi Meski Punya Penyakit Lambung

JABAR EKSPRES – Kopi menjadi salah satu minuman favorit masyarakat dunia, namun ada yang tidak berani mengonsumsi kopi karena memiliki penyakit lambung.

Kandungan kafein dalam kopi yang membuat penderita penyakit lambung mengindari kopi, lantaran kafein diketahui mampu merangsang produksi asam lambung yang membuat penderitanya akan tersiksa. Namun jangan kuatir ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap aman mengonsumsi kopi.

Baca juga : Cara Hilangkan Ngantuk Tanpa Kopi, Sudah Coba?

Meskipun memiliki penyakit lambung, dengan menjalankan beberapa tips ini masih mungkin untuk mengonsumsi kopi favorit.

Berikut tips aman mengonsumsi kopi untuk penderita penyakit lambung.

1. Pilih Kopi yang Lebih Ringan

Pilih kopi dengan tingkat keasaman yang lebih rendah dan lebih ringan. Kopi yang lebih gelap cenderung memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi, yang dapat memicu reaksi asam lambung.

2. Hindari Kopi yang Dikafeinasi

Kafein dalam kopi dapat merangsang produksi asam lambung, sehingga memilih kopi yang rendah kafein atau kopi tanpa kafein dapat membantu mengurangi risiko iritasi lambung.

3. Pilih Metode Pembuatan yang Lebih Lembut

Hindari metode pembuatan kopi yang menghasilkan kopi dengan kadar asam yang tinggi, seperti French press atau metode ekstraksi yang panjang.

Metode pembuatan kopi seperti pour-over atau kopi yang disaring dengan kertas dapat menghasilkan kopi dengan kadar asam yang lebih rendah.

4. Perhatikan Waktu Konsumsi

Hindari mengonsumsi kopi dengan lambung kosong, terutama di pagi hari. Sebaiknya konsumsi kopi setelah makan atau bersamaan dengan makanan untuk mengurangi efek iritasi pada lambung.

5. Tambahkan Susu atau Krim

Menambahkan susu atau krim ke dalam kopi dapat membantu mengurangi tingkat keasaman dan dapat membuat kopi lebih mudah dicerna oleh lambung.

6. Batas Konsumsi

Batasi jumlah kopi yang Anda konsumsi dalam sehari. Konsumsi kopi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko iritasi pada lambung.

7. Perhatikan Gejala

Jika Anda merasakan gejala iritasi lambung setelah mengonsumsi kopi, seperti rasa terbakar atau nyeri pada lambung, segera hentikan konsumsi kopi dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Baca juga :  Festival Kopi Cimahi Soroti Potensi Besar dalam Industri Kopi Lokal

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan