Bukan Hanya Kopi, Ini 5 Cara Paling Gampang Turunin Darah Tinggi di Pagi Hari

JABAR EKSPRES – Hypertension atau darah tinggi dapat menjadi pemicu sejumlah penyakit kronis seperti stroke dan penyakit jantung. Menurut Mayo Clinic, tekanan darah tinggi yang tidak terkendali seiring berjalannya waktu dapat merusak berbagai organ tubuh, termasuk jantung, otak, ginjal, mata, dan masih banyak lagi. Untungnya, melakukan perubahan gaya hidup dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami.

John Higgins, seorang ahli jantung olahraga di McGovern Medical School di UTHealth di Houston, mengatakan bahwa mencoba perubahan ini di pagi hari, ketika tekanan darah Anda mulai meningkat, bahkan sebelum Anda bangun adalah saat yang sangat baik untuk memulai. Pagi hari juga merupakan waktu di mana kejadian penyakit jantung seperti stroke atau serangan jantung lebih mungkin terjadi, karena peningkatan tekanan darah di pagi hari dapat menjadi penyebab.

Kebiasaan Pagi yang Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Batasi Konsumsi Kafein

Minum kopi secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang tidak sehat. Kafein, sebagai stimulan, dapat menambah semangat, tetapi juga dapat meningkatkan tekanan darah. Beberapa ahli percaya bahwa kafein dapat memblokir hormon yang membantu melebarkan arteri. John Higgins mengingatkan bahwa dua hingga empat cangkir kopi dapat meningkatkan tekanan darah sekitar 8 mm Hg sistolik dan 6 mm Hg diastolik, meskipun lonjakan ini biasanya tidak berlangsung lama.

2. Sarapan yang Seimbang

Melewatkan sarapan dikaitkan dengan hipertensi pada orang dewasa. Selain itu, jenis makanan yang dikonsumsi saat sarapan juga dapat memengaruhi tekanan darah. Sarapan seimbang, seperti yogurt rendah lemak dengan kacang-kacangan dan buah-buahan, dapat meningkatkan tekanan darah karena kandungan nutrisinya yang seimbang.

3. Hindari Gula Berlebih

Makanan berpemanis tinggi seperti donat, pastry, atau cereal dengan tambahan gula sebaiknya dihindari. Konsumsi gula berlebih, terutama sirup jagung fruktosa tinggi, dapat mempengaruhi hormon aldosteron dan peptida endothelin dalam tubuh, yang keduanya berperan dalam mengatur tekanan darah.

4. Rutin Berolahraga

Meskipun olahraga berat dapat meningkatkan tekanan darah sementara, berolahraga di pagi hari secara keseluruhan membantu mendukung tekanan darah yang sehat. Latihan aerobik intensitas sedang atau latihan kekuatan secara teratur dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 5 mm Hg.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan