Jemaah Haji Asal Jabar Hilang saat Wukuf di Arafah, Kemenag Masih Lakukan Pencarian

JABAR EKSPRES – Seorang jemaah haji asal Desa Babakansari, Kecamatan Baturajeg, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat diduga  hilang saat melangsungkan ibadah haji tahun 2023.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kemenag Jabar Boy Hari Novian mengungkap jemaah haji tersebut atas nama, Suharja Wadi (68).  Hingga saat ini, jemaah tersebut kabarnya masih belum ditemukan.

“Masih belum ditemukan dan masih dilakukan pencarian. Jadi dari total jemaah nasional (Indonesia) yang hilang itu jumlahnya 3 orang, satu sudah ketemu meninggal, nah yang dua termasuk yang Majalengka ini masih dalam tahap pencarian,” ucapnya saat dikonfirmasi, Jum’at (14/7).

BACA JUGA: Waduh! 50 Orang di Bandung Diduga Tertipu Tawaran Pendidikan ke China, Polisi Lakukan Pendalaman

Boy mengungkap Jema’ah haji tersebut berasal dari Kloter 4 Kertajati atau KJT. Bahka, Ia mengatakan Jemaah tersebut diduga hilang saat melangsungkan ibadah wukuf di Arafah

“Kejadiannya itu pada tanggal 27 Juni 2023, sekitar pukul 12.00 WAS (Waktu Arab Saudi) pada saat seluruh jemaah haji melaksanakan wukuf di Arafah. Setelah itu jemaah haji tersebut (Suharja) bersama istrinya ke toilet namun terpisah dan, tidak kembali lagi ke tenda semula,” ungkapnya.

 

Boy mengaku, Kemenag Pusat masih melakukan upaya pencarian termasuk  jemaah haji lainnya yang juga dikabarkan hilang.

“Untuk sementara kita masih menunggu arahan dari pusat, karena posisinya masih di Arab Saudi dan masih dilakukan upaya pencarian. Jadi kita belum bisa juga memastikan hilang atau bagaimana karena belum ada keterangan resmi (dari mereka),” ujarnya.

BACA JUGA: Buntut Polemik PPDB! Kantor Disdukcapil Kota Bogor Disidak Dewan: Data Adminduk Disorot

“Tapi kalau sampai selesai musim haji selesai berarti sekitar satu bulanan masih terus dilakukan pencarian (jemaah yang hilang), itu akan ada keterangan resmi dari pemerintah menyatakan hilang,” imbuhnya

Meski begitu, Boy terus melakukan update perkembangan terhadap jemaah haji yang hilang khususnya Suharja.

“Tapi kalau sekarang kita belum bisa memastikan hilang atau tidaknya, karena ini masih dilakukan pencarian. Dan mudah-mudahan kita berharap segera ditemukan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan