9 Langkah Budidaya Tanaman Anggur, Bisnis Menjanjikan Hasilkan Cuan

JABAR EKSPRESBudidaya tanaman anggur bisa menjadi pilihan berbisnis yang dinilai menjanjikan. Hal ini telah dilakukan oleh sejumlah pebisnis anggur di Indonesia.

Setidaknya ada 9 langkah budidaya tanaman anggur yang bisa dicoba untuk memulai bisnis. Seperti diketahui bahwa anggur adalah salah satu tanaman dengan buah yang paling banyak digemari.

Selain memiliki cita rasa yang lezat, buah anggur juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan buah anggur tak hanya dapat dinikmati secara langsung, buah ini juga dapat dikonsumsi untuk dijadikan jus, sirup, atau jelly.

BACA JUGA: Sukses Tanam Anggur di Rumah, Haris Warga Sumedang Kini Mulai Lebarkan Sayap di Dunia Bisnis

Sebagai informasi, buah anggur memiliki resveratol dan polifenol yang aktif dan berguna untuk metabolisme tubuh dan terkenal ampuh untuh mencegah pertumbuhan sel kanker. Dikarenakan banyaknya peminat untuk buah anggur ini, menjadikan anggur dijual dengan harga yang cukup tinggi atau mahal.

Oleh karena itu, banyak orang yang kemudian mencoba untuk melakukan budidaya pada tanaman anggur itu sendiri, terlebih dikarenakan peluang untuk berbisnis yang lebih menjanjikan daripada buah yang lainnya.

Kemudian, sulitnya menanam tanaman anggur ini kemudian menyebabkan sedikitnya orang yang sukses terhadap budidaya anggur itu sendiri. Sebagai metode pembelajaran, artikel ini akan mengkaji pembudidayaan untuk tanaman anggur itu sendiri dimulai dari bibit hingga panen serta menghasilkan buah yang baik serta berkualitas tinggi.

Lalu, apa saja 9 langkah budidaya tanaman anggur yang bisa dijadikan bisnis?

Dikutip JabarEkspres.com dari berbagai sumber pada Kamis, 13 Juli 2023, berikut ini adalah 9 langkah budidaya tanaman anggur.

9 Langkah Budidaya Tanaman Anggur

1. Siapkan Media Tanam

a. Siapkan lahan yang subur dan mudah untuk penyerapan air, tanaman anggur adalah tanaman yang dapat melambat pertumbuhannya apabila terlalu banyak air yang terdapat disekitarnya.
b. Ketinggian tanah tidak boleh kurang dari 1 meter dari permukaan tanah.
c. Jenis tanah yang sangat baik digunakan untuk menanam anggur adalah tanah lempung berpasir.
d. Tingkat keasaman tanah (Ph) yang disarankan untuk tanaman anggur adalah sekitar 6.5 hingga 7.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan