Sukses Tanam Anggur di Rumah, Haris Warga Sumedang Kini Mulai Lebarkan Sayap di Dunia Bisnis

JABAR EKSPRES – Sukses uji coba menanam anggur di rumah, Haris (43) warga asal Perum Kelapa Gading RT 01 RW 07, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mulai mencoba terjun langsung ke dunia bisnis industri anggur.

Upaya penyaluran hobi bercocok tanam, Haris yang awalnya menanam pohon anggur jenis ninel di halaman rumahnya, kini dirinya tengah menggarap beberapa kebun miliknya dan beberapa kebun anggur binaanya.

“Awalnya ya pada tahu kalau saya tanam anggur kan di rumah, berhasil. Terus banyak teman tanya-tanya cara menanamnya, terus menyebar sampe akhirnya pada tahu dan percaya ke saya,” katanya kepada JabarEkspres.com pada Sabtu 8 Juli 2023, saat dijumpai dikediamanya.

BACA JUGA: Nyaris 14 Tahun Terdampak Tol, Kantor Desa Ciherang Sumedang Belum Direlokasi

Saat ini, Haris sudah memulai mengelola kebun anggur dengan konsep modern di kawasan sebrang Puskesmas Padasuka, Kecamatan Sumedang Utara.

“Iya, lagi mulai tanam. Beberapa kini sudah setinggi pinggul. Inshaallah nanti di sini akan jadi cafe anggur, perkiraan panen pertama yaa sekitar tahun baru 2024,” katanya.

BACA JUGA: Gelar Aksi Demo Hari Ini, Warga dari Dua Desa di Sumedang Tuntut Lahan Tol Cisumdawu Sesi 2

Tanaman buah anggur merupakan salah satu tanaman rumahan. Namun, sangat jarang ditemukan, lantaran menanam anggur dinilai tidak mudah dan memerlukan kesabaran selama proses perawatanya.

Selain lahir dari keluarga petani, Haris memang sudah mulai menanam anggur sejak sekitar 2 tahun yang lalu. Dengan bekal pengalaman, ia mulai percaya diri untuk mencoba mengembangkan hobinya ke ranah bisnis.

“Anggur ini jenis ninel. Sejak dua tahun lalu, anggur ini tengah mengalami sekitar 5 kali panen. Yaa, alhamdulilah. Saya senang bisa sukses menanam dan berbagi dengan tetangga,” katanya.

Lebih lanjut, Haris mengaku bahwa selama 2 tahun ini, ia telah memanen anggurnya kurang lebih 5 kali dengan hasil panen yang cukup memuaskan.

“Satu kali panen itu bisa mencapai sekitar 40 dompol lebih, satu dompolnya bisa 1/2 sampai 1 Kilogram, katanya melanjutkan.

Ia juga menjelaskan, untuk kebun yang kini sedang dirinya kelola, tengah ditanami berbagai jenis anggur, termasuk ninel. Bahkan, Haris sudah memikirkan konsep ke depanya yang bisa dirinya jual di cafe anggur. Diantaranya yakni bibit anggur hingga pupuk organik racikanya sendiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan