Pekan Kerajinan Karya Kreatif Jabar Segera Digelar, Disperindag Ajak Pengrajin Lokal Tunjukkan Kualitas

JABAR EKSPRES  – Pekan Kerajinan Karya Kreatif Jawa Barat (PKJB KKJB) Jawa Barat tahun 2023 disebut sebagai bentuk kebangkitan bagi para pelaku kriya pasca pandemi covid 19 oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 – 9 Juli 2022, di Gedung Sate Kota Bandung, kepala Disperindag Jabar Noneng Komara Nengsih menyebut konsep PKJB tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya yakni diselenggarakan di area terbuka.

“Kita akan hadirkan pelaku kriya dari 27 kabupaten kota, dan ada sekitar 103 pelaku usaha kriya atau kerajinan yang akan ikut pameran. Jadi mereka ini, perwakilan dari 27 kabupaten kota yang sudah diakurasi sebelumnya,” ujarnya di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (5/7).

BACA JUGA: Sampaikan Belasungkawa, Pemerintah Cimahi Selatan Sambangi Keluarga AW yang Akhiri Hidup di Kontrakan

Noneng menambahkan, kegiatan tersebut diharapkan menjadi suatu momentum kebangkitan bagi para pelaku usaha khususnya kriya setelah terdampak pandemi covid 19.

“Sektor kreatif ini (krya) paling terdampak secara bisnis dibanding pelaku usaha kreatif seperti makanan dan fashion, jadi kriya ini sangat terganggu (oleh pandemi covid 19),” ucapnya.

Noneng mengajak agar para pengrajin lokal bisa menunjukan kualitas karya terbaiknya secara langsung kepada masyarakat ataupun konsumen.

“Kita harapkan mereka bertemu pembeli baik lokal maupun internasional. Maka ini, akan menjadi ajang yang kompetitif yang ujungnya bisa meningkatkan omset atau produksi para pelaku kreatif,” imbuhnya,

BACA JUGA: Tangisan Bayi Dalam Paper Bag Gegerkan Warga Sukamenak Kabupaten Bandung, Polisi Lakukan Penyelidikan

Sebagai informasi, Noneng juga menyebut bahwa PKJB 2023 akan dibuka secara langsung oleh Ketua Dekranasda Jabar, Atalia Prartya dan Gubernur Ridwan Kamil.

Bahkan Dekranasda Jabar juga, kata Noneng akan menggelar ajang award kepada 27 kabupaten kota lewat 7 kategori kriya dan 1 kategori untuk Dekranasda pembina.

“Nantinya para pengrajin yang juara award di Dekranasda Award, itu akan kami ikut sertakan di Dekranas Award tingkat Nasional,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Jabar, Atalia Praratya menyebutkan bahwa kegiatan PKJB 2023 ini, merupakan suatu bentuk pemulihan ekonomi khususnya bagi para pengrajin hingga pelaku UMKM dan industri kreatif (Ekraf).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan