Diduga Akibat Arus Pendek Listrik, 3 Rumah di Bandung Barat Ludes Terbakar

JABAR EKSPRES  – Diduga akibat arus pendek listrik, tiga unit rumah di Kampung Ciganda RT 01 RW 06 Desa Rende, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ludes terbakar pada Selasa (4/7/2023) malam.

Api pertama kali terlihat dari salah satu rumah warga, kemudian membesar dan merembes ke rumah warga yang lainnya. Tiga unit rumah semi permanen dan kayu ini membuat api dengan cepat membakar seluruh bagian rumah.

Dengan peralatan seadanya, warga berusaha untuk memadamkan api. Pemadam kebakaran yang tiba di lokasi akhirnya dapat memadamkan kobaran api.

BACA JUGA: Tangisan Bayi Dalam Paper Bag Gegerkan Warga Sukamenak Kabupaten Bandung, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kebakaran itu diduga berasal dari arus pendek listrik di rumah milik Harun, arus pendek itu bertemu dengan bahan mudah terbakar yang kemudian memantik api.

“Totalnya ada 3 rumah yang terbakar. 2 rumah semi permanen milik keluarga pak Harun (75) dan ibu Aam (55). 1 rumah panggung milik keluarga ibu Oom (70),” ungkap Kepala Dinas Damkar, Siti Aminah saat dikonfirmasi, Rabu (5/7/2023).

“Awalnya aliran listrik mati ketika kembali menyala terdengar suara kretek kayu terbakar dan api sudah besar di atap rumah. Namun untuk penyebab pasti sedang dalam penyelidikan kepolisian,” sambungnya.

Saat kejadian, Harun sedang menghadiri undangan tahlilan di rumah tetangga. Harun dibikin panik ada warga yang mendatanginya dan melaporkan bahwa rumah miliknya dalam kondisi terbakar

Seketika api di dalam rumah membesar dan membakar barang-barang yang mudah terbakar. Api dengan cepat melumat seisi rumah dan merambat ke rumah semi permanen lain milik tetangganya.

BACA JUGA: Sampaikan Belasungkawa, Pemerintah Cimahi Selatan Sambangi Keluarga AW yang Akhiri Hidup di Kontrakan

“Posisi rumah yang terbakar sangat berdekatan sekali. Sehingga api dengan mudah merambat ke rumah semi permanen dan rumah panggung yang berbahan mudah terbakar,” ujar Siti.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, keluarga Harun bersama 2 keluarga penghuni rumah yang habis dilalap api untuk sementara mengungsi di rumah kerabat dan tetangga mereka.

“Untuk sementara korban diamankan ke rumah saudara dan tetangga mereka sebelum dilakukan pendataan oleh aparatur pemerintah setempat untuk mendapatkan bantuan,” sebut Siti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan