Apple Kembali Gugat Perusahaan Swiss yang Telah 100 Tahun Lebih Memakai Logo Appel

JABAR EKSPRES – Tampaknya Apple tidak pernah kehabisan energi dalam mengajukan gugatan merek dagang. Menurut laporan dari Tech Transparency Project, Apple telah mengajukan lebih banyak gugatan merek dagang dibanding perusahaan teknologi besar lainnya seperti Microsoft, Facebook, Amazon, dan Google.

Kali ini, Apple menggugat The Fruit Union Suisse, sebuah perusahaan asal Swiss yang sudah berdiri sejak 111 tahun lalu. Gugatan tersebut berkaitan dengan logo buah apel yang digunakan oleh perusahaan tersebut.

Selama enam tahun terakhir, Apple telah berusaha agar The Fruit Union Suisse tidak menggunakan logo mereka. Menariknya, logo The Fruit Union Suisse sangat berbeda dengan logo buah apel milik Apple. Logo perusahaan Swiss tersebut menampilkan buah apel berwarna merah dengan bendera negara Swiss di dalamnya.

Namun, Apple memiliki pandangan yang berbeda. Mereka tetap ingin melarang The Fruit Union Suisse yang jauh lebih tua dalam usia perusahaan untuk menggunakan logo apel tersebut.

Baca Juga: Dalam 2 Hari Terakhir 34 Orang Meninggal Akibat Gelombang Panas India

Direktur The Fruit Union Suisse, Jimmy Mariethoz, mengungkapkan kebingungannya terhadap tuntutan Apple. Menurutnya, buah apel memiliki sifat universal dan semua orang seharusnya dapat menggunakannya untuk kreativitas mereka. Ia berpendapat bahwa Apple hanya seharusnya menuntut orang yang benar-benar menggunakan logo yang serupa dengan logo perusahaan mereka.

Selama ini, Apple terus menuntut The Fruit Union Suisse sejak tahun 2017. Namun, hingga saat ini, belum ada kejelasan mengenai bentuk apel mana yang ingin dilindungi oleh Apple. Jimmy Mariethoz juga menyampaikan keprihatinannya terhadap sikap agresif Apple dalam menuntut pelanggaran merek dagang.

Meski demikian, Apple belum memberikan tanggapan mengenai keluhan yang disampaikan oleh The Fruit Union Suisse. Dalam beberapa tahun terakhir, Apple memang kerap menggugat siapa pun yang menggunakan logo buah apel. Bahkan mereka pernah menuntut seorang musisi dan penulis lagu karena menggunakan nama “Frankie Pineapple”.

Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya mengenai gugatan Apple terhadap The Fruit Union Suisse. Apakah logo buah apel akan menjadi sumber perdebatan yang tak kunjung usai?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan