Fakta-Fakta Penting Hari Pancasila yang Mesti Kita Ingat

JABAR EKSPRES – Berikut ini merupakan fakta penting Hari Pancasila yang mesti kita semua ketahui.

Fakta penting Hari Pancasila ini merupakan pengingat penting bagi kita semua selaku warga negara Indonesia.

Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahui fakta penting Hari Pancasila.

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya di Indonesia. Tanggal ini ditetapkan untuk menghormati peristiwa bersejarah di mana Pancasila dinyatakan sebagai dasar negara Indonesia pada tahun 1945.

Dasar Negara Indonesia

Proklamasi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia terjadi pada tanggal 1 Juni 1945 di Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) di Jakarta.

Pada sidang tersebut, Soekarno menyampaikan pidato empat sila yang kemudian dikenal sebagai “Pidato Bung Karno” atau “Pidato Pancasila”.

Berasal dari Bahasa Sanskerta

Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari kata “panca” yang berarti “lima” dan “sila” yang berarti “prinsip”. Jadi, Ia secara harfiah berarti “lima prinsip”.

Landasan Negara Indonesia

Lima sila dalam pedoman ini adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Sila-sila ini merupakan prinsip-prinsip dasar yang menjadi landasan negara Indonesia.

Landasan Undang-Undang

Pancasila juga diakui sebagai dasar negara dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yang merupakan konstitusi Indonesia saat ini.

Pedoman  sebagai dasar negara menunjukkan pentingnya nilai-nilai yang terkandung dalam pedoman ini sebagai landasan dalam menjalankan pemerintahan dan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hari Libur

1 Juni merupakan hari libur nasional di Indonesia. Pada hari ini, berbagai kegiatan peringatan dan acara dilakukan di seluruh Indonesia, termasuk upacara bendera, seminar, diskusi, dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk memperingati dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila.

Pedoman ini tidak hanya menjadi dasar negara Indonesia, tetapi juga menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Nilai-nilai pedoman ini tercermin dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk politik, sosial, budaya, dan pendidikan.

Pancasila diakui dan dihormati oleh berbagai negara dan lembaga internasional. Nilai-nilai yang terkandung dalam pedoman ini, seperti toleransi, persatuan, dan keadilan sosial, dianggap relevan dan penting dalam konteks global.

Tinggalkan Balasan