OpenAI Siapkan Mesin Pencari dengan Dukungan AI, Bakal Jadi Pesaing Utama Google

JABAR EKSPRES – OpenAI sedang dalam persiapan untuk meluncurkan mesin pencari baru yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI), dengan tujuan menjadi pesaing utama bagi Google.

Menurut laporan terbaru dari Reuters, hari ini, Senin (13/5/24), OpenAI diharapkan akan mengumumkan peluncuran produknya.

Baca juga : Resmi Meluncur ini Spesifikasi dan Harga Vivo X100 Series

Walaupun belum ada konfirmasi resmi dari pihak OpenAI terkait tanggal pasti peluncuran, namun kabar ini telah mencuat beberapa waktu belakangan.

Rencana peluncuran mesin pencari OpenAI muncul setelah laporan dari Bloomberg yang mengindikasikan bahwa produk ini akan menjadi rival langsung bagi Google dan Perplexity, mesin pencari buatan startup AI dengan nama yang serupa.

Bloomberg melaporkan bahwa mesin pencari baru OpenAI akan memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada ChatGPT, chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI.

Chatbot tersebut dijanjikan memberikan jawaban yang meliputi kutipan dari berbagai sumber online seperti berita, blog, halaman Wikipedia, dan sebagainya.

Terdapat petunjuk lain mengenai kehadiran mesin pencarian buatan OpenAI melalui URL search.chatgpt.com yang muncul secara tiba-tiba.

Meskipun pengguna ChatGPT saat ini sudah bisa menggunakan fitur pencarian web, namun fitur ini hanya tersedia bagi pengguna yang berlangganan ChatGPT Plus.

Baca juga : Asus ROG Ally X Siap Hadir Juni Mendatang, Bawa Sederet Fitur Baru

Sementara itu, Google juga sedang melakukan uji coba terhadap Search Generative Experience (SGE), fitur baru yang menggunakan AI generatif untuk memberikan konteks tambahan terhadap pencarian pengguna dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber di web.

Google berencana untuk memperluas layanan SGE, tetapi kemungkinan sebagai fitur berbayar di masa mendatang

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan