Cara Menghitung Skor untuk Daftar Jalur Prestasi PPDB Kota Bandung

JABAR EKSPRES – Penerimaan Peserta Didik Baru Kota Bandung 2023 untuk jenjang TK, SD dan SMP kini sedang berada pada tahap pendataan. Untuk pendaftar jalur prestasi, berikut akan dijelaskan cara menghitung skor atau nilai agar mempermudah saat proses pendaftaran PPDB Kota Bandung nanti.

Seleksi jalur prestasi ini hanya berlaku untuk jenjang SMP, dengan dua pilihan, yakni jalur prestasi akademis dan prestasi dari perlombaan atau penghargaan.

Untuk seleksi nilai akademis dilakukan dengan penentuan pemeringkatan nilai rapot.

Adapun syarat umum untuk melakukan pendaftaran harus mencantumkan scan asli akta kelahiran/surat keterangan lahir, KK, KTP

Sementara persyaratan khusus jalur prestasi akademik yakni dengan mencantumkan nilai rapot dari kelas 4 semester 1 dan 2, kelas 5 semester 1 dan 2 juga kelas 6 semester 1. Selain itu juga melampirkan surat keterangan peringkat bila memiliki.

Kuota jalur prestasi PPDB Kota Bandung ini maksimal 30 persen dari kuota secara keseluruhan di sekolah tujuan.

Dari 30 persen kuota jalur prestasi tersebut, dibagi dua lagi, yakni 60 persen untuk prestasi akademik dan 40 persen untuk prestasi dari perlombaan dan penghargaan.

Dilihat dari channel Youtube resmi Dinas Pendidikan Kota Bandung, yang berjudul sosialisasi jalur prestasi nilai rapor jenjang SMP PPDB Kota Bandung tahun 2022, yang diperkirakan aturannya masih sama diterapkan pada PPDB tahun 2023 ini, diketahui ketentuan cara penghitungannya.

Berikut cara menghitung skore nilai rapot dari rekaman video tersebut:

Untuk memasukkan data nilai siswa sebagai penghitungan untuk mementukan diterima atau tidaknya disekolah tujuan, ada rumus yang harus digunakan.

Rumus ini didapat dengan menghitung penentuan pemeringkatan berdasarkan nilai rapot.

“Calon peserta didik yang berada di peringkat nilai rapor 10 persen tertinggi di tiap kelas dari sekolah adal, berdasarkan jumlah siswa dalam satu rombingan belaka sesuai standar nasional mendapatkan penambahan bobot peringkat.” Ujar Mia Tresnawulan dari tim PPDB Kota Bandung yang ada dalam video tersebut.

Penghitungan nilai untuk daftar jalur prestasi PPDB Kota Bandung menggunakan rumus : NA = R + B

– NA : adalah nilai akhir

– R : merupakan hasil penghitungan dari 40 persen kali rata2 nilai rapot 8 mata pelajaran, yakni :

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan