Resep Nasi Kuning Komplit, Sarapan Enak Bergizi Lengkap

JABAR EKSPRES – Menu sarapan di Bandung memiliki variasi yang cukup banyak, selain bubur ayam dan kupat tahu, pedagang nasi kuning dan nasi uduk juga banyak tersebar dijalanan. Untuk kamu yang ingin membuat sendiri sarapan nasi kuning, kita akan membagikan resep secara komplit beserta resep untuk lauk pendampingnya.

Meski nasi kuning juga identik sebagai menu syukuran karena selalu hadir sebagai bahan utama pembuatan tumpeng perayaan. Namun di Bandung nasi kuning juga selalu hadir sebagai salah satu pilihan menu sarapan.

Lapak-lapak penjual nasi kuning juga cukup banyak, nyaris disetiap gang ada penjual nasi kuning, meski dengan lauk sederhana hanya mie goreng, kering tempe dan telur dadar juga sambal.

Harganyapun relatif terjangkau, tidak sampai Rp10 ribu, bahkan kalau di area sekolah bisa melayani pembelian Rp5 ribu rupiah untuk anak-anak sekolah.

Nasi kuning ini menjadi favorit masyarakat Bandung karena citarasa gurihnya, bahkan tanpa laukpun nasi kuning sudah bisa dinikmati karena aromanya yang khas, dan rasanya yang lezat.

Beberapa lauk lain yang biasanya ada di paket komplit nasi kuning diantaranya, ayam goreng serundeng, perkedel kentang, telur dadar, telur kecap atau telur balado, gepuk, urap sayuran, hingga kerupuk.

Dengan berbagai lauknya ini, nasi kuning komplit ini menjadi semakin bergizi, karena lengkap mengandung karbohidrat, protein dan juga vitamin.

Untuk kamu yang berniat membuat nasi kuning komplit, berikut ada resep yang bisa kamu jadikan referensi.

Pembuatan nasi kuning komplit ini memakan waktu sekitar 1-2 jam, sementara resep yang dipakai dalam resep ini untuk 4-8 porsi.

Berikut resep nasi kuning komplit beserta lauknya yang cocok untuk sarapan pagi..

NASI KUNING

Bahan-bahan :

2 cup beras putih (cuci bersih)
2 siung bawang putih
2 ruas kunyit tua
2 daun salam
1 batang serai (geprek)
1 santan kara
1/2 sdt garam

Langkah membuat nasi kuning:

Pertama cuci bersih berasnya. Haluskan bawang putih dan kunyit, lalu saring dan masukkan ke dalam panci rice cooker. Tambahkan santan kara, serai, daun salam, garam dan air (seperti memasak nasi biasanya) lalu masak nasi dengan rice cooker.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan