Kenali Ciri-Ciri Raja Singa dan Tahapannya, Penyakit yang bisa Tidak Terdeteksi selama Bertahun-Tahun

BACA JUGA: Ibu Hamil Mengidap Raja Singa, Bagusnya Lahiran Normal atau Caesar agar Anak Tidak Tertular?

  1. Tahapan Sekunder

Setelah beberapa minggu penyembuhan chancre, akan tumbuh ruam yang dapat memenuhi sekujur tubuh. Bahkan, telapak tangan dan telapak kaki pun bisa terkena.

Ruam ini biasanya tidak gatal dan dapat disertai dengan luka layaknya kutil di mulut atau area sensitif. Bahkan, beberapa orang juga mengalami nyeri otot, kerontokan rambut, demam, sakit tenggorokan, dan pembengkakan getah bening.

Gejala ini dapat saja menghilang dalam beberapa minggu atau datang dan pergi berulang kali selama setahun.

  1. Tahapan Laten

Andai seseorang yang tidak mendapatkan pengobatan terhadap Raja Singa ini, maka penyakit ini akan masuk ke dalam tahapan laten (tersembunyi). Tahapan ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Tahapan ini pun tidak akan pernah kembali ke tahapan sebelumnya. Yang paling berbahaya adalah Raja Singa ini bisa masuk ke tahapan tersier.

BACA JUGA: Kenali Gejala Penyakit Raja Singa yang Sedang Merebak di Indonesia

  1. Tahapan Tersier

Sekitar 15 hingga 30 persen orang yang mengidap Raja Singa tidak mendapatkan pengobatan akan mengalami komplikasi yang dikenal dengan Raja Singa Tersier. Ini merupakan stadium akhir.

Tahapan ini, pengidap akan mengalami kerusakan pada syaraf, mata, otak, jantung, hati, tulang, pembuluh darah, dan persendian. Masalah ini dapat dialami selama bertahun-tahun jika tidak diobati sejak awal infeksi.

Jika mengalami keputihan yang tidak biasa, ruam, atau sakit, terutama di selangkangan, segeralah konsultasi ke dokter.

Kesimpulan

Raja Singa merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini bisa saja tidak terdeteksi dan diidap oleh pengidapnya salama bertahun-tahun.

Pencegahan sejak dini sangat penting dilakukan agar Raja Singa ini tidak masuk ke tahapan yang lebih berbahaya. Segeralah lakukan konsultasi ke dokter jika mengalami keputihan yang tidak biasa, ruam, atau sakit, terutama di selangkangan. (*)

BACA JUGA: Kasus Raja Singa Ngamuk di RI, Usia dan Daerah Ini Paling Banyak Kasusnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan