Ketahui 6 Filosofi Jepang Untuk Hidup yang Lebih Bermakna

JABAR EKSPRES- Ketahui 6 filosofi Jepang untuk hidup yang lebih bermakna pada halaman berikut ini.

Apakah kamu tau ? bahwa di negara jepang memiliki banyak filosofi kehidupan yang bagus untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah 6 filosofi yang bisa kamu ketahui dan pelajari :

1. Ikigai.

Sederhananya, ikigai adalah tentang alasan kenapa kita bangun di pagi hari. Kita diajarkan untuk menemukan apa yang menjadi tujuan hidup kita. Karena tujuan hidup akan membuat hari- hari kita lebih bermakna dan terarah. Layaknya kompas yang memberi petunjuk saat kita kehilangan arah.

2. Soshin.

Filosofi ini mengajarkan kita untuk punya konsep pikiran pemula. Yang artinya kita selalu terbuka dengan segala informasi baru, jangan merasa sudah tau segalanya. Karena akan selalu ada yang bisa kita pelajari dari setiap orang, di setiap waktu, dan setiap tempat.

3. Kaizen.

Kaizen berarti perubahan dalam hidup dengan melakukan perbaikan secara konsisten. Perbaikan ini dilakukan secara bertahap dengan membuat perubahan kecil setiap harinya dan tetap menghargai prosesnya.

4. Wabi Sabi.

Mengajarkan kita untuk melihat keindahan/ketenangan dalam ketidaksempurnaan dan kesederhanaan. Wabi Sabi mendorong kita untuk lebih berfokus pada keberkahan yang kita miliki daripada menyesali apa yang tidak kita terima, yang ada di luar kendali kita.

5. Kintsugi.

Kintsugi adalah proses memperbaiki benda yang pecah/retak dengan menyambungnya menggunakan emas. Filosofi ini mengajarkan kita untuk belajar menerima “retakan” di masa lalu sebagai bagian dari hidup kita, memberinya makna, lalu menggunakannya untuk meningkatkan nilai hidup kita.

6. Oubaitori.

Filosofi ini mengacu pada 4 karakter Kanji: buah ceri, plum, persik, aprikot yang melambangkan perbedaan cara berkembangnya setiap pohon. Yang artinya setiap orang punya keistimewaan masing-masing yang mungkin ga dimiliki orang lain. Jadi, jangan sibuk membandingkan diri dengan orang lain. Tapi, bersyukurlah.

Itulah 6 filosofi jepang untuk membantu menjalani hidupmu dengan baik. Pilih salah satu filosofi yang bisa kamu gunakan dalam keseharian mu, agar hidupmu bisa menjadi lebih bermakna.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan