Mudik Lebaran 2023! 165 Armada di Terminal Cicaheum Bandung Siap Angkut Pemudik

JABAR EKSPRES  – Sebanyak 165 armada atau bus dipersiapakan Terminal Cicaheum Kota Bandung dalam Angkutan Mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 nanti.

Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto mengatakan, bahwa ratusan armada tersebut meliputi dari 106 Antar Kota Antar Provinsi, dan 69 Antara Kota Dalam Provinsi.

“Jadi nanti ada sekitar 35 trayek atau rute yang akan kami (Terminal Cicaheum) layani yang terdiri dari AKDP 13 trayek, via Utara 9 trayek, dan 4 trayek via selatan,” ucapnya saat dikonfirmasi, Sabtu, 1 April 2023.

Sementara, untuk AKAP sendiri Roni mengungkapkan ada sekira 22 trayek yang akan dilayani saat angkutan lebaran nanti.

Dari 22 trayek tersebut, menurut dia 14 diantaranya via jalur Utara, dan 9 melalui selatan.

“Jadi total ada sekitar 35 trayek disini dengan jumlah seat atau tempat duduk, sekitar 6.600,” ungkapnya

Selain juga jumlah armada, Roni mengaku dalam melaksanakan angkutan lebaran tahun 2023 ini, sedikitnya ada sekitar 69 petugas gabungan yang akan dilibatkan untuk melakukan pengamanan dan pengawasan di Terminal Cicaheum.

“Untuk kekuatan personil yang dipersiapkan, itu keseluruhannya sekitar 69 orang mulai dari petugas Dishub (Dinas Perhubungan), Dinkes (Dinas Kesehatan), kepolisian, hingga petugas kebersihan,” ucapnya

Sehingga dengan hal itu, Roni menuturkan bahwa Terminal Cicaheum Kota Bandung akan berupaya semaksimal mungkin dalam melayani masyarakat saat angkutan mudik lebaran tahun 2023 nanti.

Bahkan pihaknya juga, kata dia akan mulai melakukan kegiatan angkutan mudik lebaran dari H- 7 – H+ 7 lebaran atau mulai dari tanggal 15 – 30 April 2023.

“Maka dalam rangka mengantisipasi pergerakan penumpang kegiatan angkutan Lebaran

Tahun 2023, Terminal Cicaheum akan melakukan antisipasi sejak awal  terhadap kenaikan jumlah penumpang secara signifikan seperti diantaranya meningkatkan koordinasi dengan stekholder terkait,” pungkasnya

 

Diketahui, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, bahwa hasil survei potensi pergerakan masyarakat selama masa Lebaran 2023 (Idul Fitri 1444 H) diprediksi mencapai 123,8 juta orang.

 

Bahkan dengan jumlah tersebut, dinilai meningkat sebesar 14,2 persen jika, dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran tahun 2022 lalu yang hanya mencapai 85,5 juta orang.

 

(San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan