Berdayakan UMKM Lokal, Ekonomi Mulai Meningkat

BANDUNG – Sebanyak 46 produk Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM lokal, binaan  (Dekranasda) Kota Bandung tampil di hotel bintang 5 melalui pasar kreatif.

Diketahui, produk-produk tersebut terbagi menjadi 14 produk fashion, 7 kerajinan, dan 25 kuliner. Kegiatan yang bekerja sama dengan Agung Podomoro ini rencananya akan berlangsung selama enam bulan.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan, para pelaku UMKM lokal adalah sektor paling tahan terhadap resesi dan pandemi Covid-19.

“Saat pandemi, pertumbuhan ekonomi kita minus 2,26 persen. Lalu, pada tahun 2021 tumbuh menjadi 3,76 persen,” kata Yana pada Jumat (17/3).

“Di tahun 2022 laju pertumbuhan ekonomi kita meningkat tajam ke angka 5,41 persen,” tambahnya.

Yana menyampaikan, setiap kegiatan Pasar Kreatif atau pameran yang dilakukan, para pengusaha UMKM lokal hanya tinggal membawa produknya saja.

Orang nomor satu di Kota Bandung itu menerangkan, pihaknya sampai saat ini sudah bekerjasama dengan tujuh mall besar di Kota Bandung.

“Mudah-mudahan sistem kolaborasi seperti ini bisa mendorong para pelaku UMKM lokal, untuk terus berinovasi dan meningkatkan penjualan mereka,” terangnya.

Yana menjelaskan, produk-produk yang dipajang di mall dan hotel telah dikurasi serta ditempatkan sesuai dengan segmentasi mall dan hotelnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranasda Kota Bandung, Yunimar Mulyana memaparkan, pasar kreatif telah dimulai sejak tahun 2020 lalu.

“Selama 10 hari, produk-produk UMKM lokal secara bergantian dipasarkan di mal-mal. Kegiatan ini terus meningkat melalui kerja sama dengan Mal Pelayanan Publik agar pelaku usaha bisa memasarkan di sana,” paparnya.

Yunimar mengaku, pihaknya juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Badung, Bali.

“Sehingga produk UMKM lokal kita juga bisa pameran di luar Kota Bandung,” imbuhnya.

Yunimar berharap, ke depannya semakin banyak hotel dan mal serta brand lain yang bisa diajak untuk kerjasama, dalam menaikkan kelas para UMKM di Kota Bandung.

“Kami juga memberikan pelatihan agar mereka bisa ekspor ke luar negeri dan melakukan bussiness matching dengan pengusaha lainnya,” ujarnya.

 

Podomoro Dukung Tingkatkan UMKM Lokal Bandung

 

Wawancara terpisah, GA Senior Manager Agung Podomoro, Ahmad Kosim Asmari memastikan, akan membantu sepenuhnya kegiatan Pemkot Bandung dalam meningkatkan perekonomian para UMKM lokal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan