Terbukti Ampuh! Cara Alami Mengatasi Demam Pada Anak

Jabar Ekspres– Demam yang tinggi pada anak tentunya membuat khawatir semua orang tua, apalagi si kecil mengalami demam dengan suhu yang sangat tinggi. Terlebih akhir-akhir ini mengatakan bahwa banyak sekali produk obat pereda demam untuk anak, yang tercemar berbahaya.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi demam? Sebernarnya demam pada anak-anak tidak terlalu berbahaya, tetapi jika demam berdarah dan demam tak kunjung sembuh juga sebaiknya bawalah ke IGD atau Rumah Sakit terdekat.

Suhu tubuh anak yang normal sekitar 36,5 – 37,5 derajat celcius. Namun ketika anak mengalami suhu tubuh 38 derajat celcius maka dapat dikatakan demam yang harus cepat di tangani.

Demam terjadi akibat adanya suatu reaksi sistem tubuh yang sedang melawan virus, bakteri, jamur, atau bahkan parasit dengan penyebab penyakit tertentu. Demam pada anak bisa juga terjadi akibat perubahan cuaca atau paparan suhu panas yang berlebihan.

Namun, ada beberapa cara untuk atasi demam pada anak secara alami yang bisa anda coba dirumah. Nah berikut ini solusi alami untuk mengatasi demam tinggi pada anak:

  1. Mandi Air Hangat

Salah satu cara yang termudah dan efektif yaitu mandi menggunakan air hangat, mandi dengan air hangat sangat mampu untuk menurunkan demam pada anak, dan bayi. Mom bisa menyeka tubuhnya dengan waslap yang dibahasi air hangat.

Mandi air hangat juga membantu mengatur suhu tubuh, karena dengan air hangat suhu tubuh akan turun. Tidak di anjurkan untuk mandi air dingin karena air dingin dapat memicu menggigil dan dapat meningkatkan suhu tubuh lebih lanjut.

  1. Beri Makan Anak Secara Teratur

Saat terjadi demam, tubuh sangat membutuhkan banyak asupan vitamin dan mineral. Asupan makanan yang dianjurkan yaitu yang tinggi kalori, tinggi protein dan tinggi cairan.

Mengkonsumsi kaldu tulang atau sup ayam dengan sayuran, sebab kaldu tulang memiliki kandungan tulang rawan yang tinggi membantu dalam pembentukan sel darah putih yang dapat mempertahankan tubuh dari infeksi.

Pastikan anak mengkonsumsi makanan yang sehat dan mudah untuk dicerna.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan