Simak! Ini Dia Cara Atasi Flu dan Hidung Tersumbat

Jabar Ekspres– Flu adalah penyakit yang menyerang pada saluran pernapasan sangat cepat untuk penularannya. Dan di sebabkan oleh virus influenza. Gejala yang paling parah pada umumnya terasa dua sampai tiga hari.

Tetapi agar benar-benar pulih, butuh waktu sekitar satu minggu atau lebih. Solusi pertama yang mudah untuk di lakukan yaitu dengan minum air hangat, karena air hangat membantu mengurangi iritasi dan gatal pada tenggorokan.

Namun, apakah minum air hangat saja cukup untuk mengatasi flu? Tentunya tidak, berikut ini adalah cara mengatasi flu cara rumahan dengan cepat di lansir dari hallodoc.com

  1. Istirahat yang Cukup

Saat terserang flu tubuh membutuhkan waktu dan energi untuk melawan virus tersebut, jadi kamu perlu istirahat yang cukup. Tetap di rumah dan batasi aktivitas harian yang membuat kelelahan.

Di rumah juga bisa membantu mencegah penularan flu ke orang lain.

  1. Banyak Minum Air Putih

Saat flu muncul gejala seperti demam tinggi yang bisa membuat tubuh kehilangan cairan. Dengan banyak minum air putih yang cukup bisa menghindari dehidrasi dan sekaligus membantu melawan virus.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Flu dapat membuat selera makan menjadi tidak enak seperti biasanya, sehingga kamu mengidamkan makanan yang justru tidak sehat.

Jika ingin cepat pulih dari flu kamu perlu mengkonsumsi makanan sehat kaya nutrisi dan bervitamin.

Misalnya, perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang segar dan juga bervitamin agar dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh saat melawan virus flu.

  1. Gunakan Humidifier

Udara yang kering dapat memperburuk gejala flu. Humidifier menambahkan kelembabab ke udara dan membantu mengatasi gejala flu.

Jadi, coba untuk menyalahan humidifier di ruangan agar gejala flu dapat mereda.

  1. Kelola Stres

Mengelola stress dengan baik dan terus berpikiran positif selama sakit dapat membantu pemulihan secara keseluruhan.

Emosi dan mental bisa sangat berpengaruh pada kondisi fisik.

  1. Minum obat OTC

Terkadang, bila sudah mencoba berbagai cara meredakan gejala flu tak cukup maka kamu bisa mengkonsumsi obat bebas atau di kenal sebagai sebutan obat OTC (over the counter).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan