DPRD Kota Bogor Minta, Pemkot Beri Perhatian Penyandang Disabilitas untuk Dapat Kesempatan Kerja

Jabarekspres  – Komisi IV DPRD Kota Bogor kembali menyuarakan aspirasi terkait kesejahteraan penyandang disabilitas.

Para wakil rakyat itu meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk melirik potensi yang dimiliki orang-orang berkebutuhan khusus tersebut.

Dengan begitu, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bogor didorong untuk menggelar pelatihan kerja khusus untuk disabilitas.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor Karnain Asyhar menyebut, salah satu faktor dengan digalakkannya pelatihan kerja diharapkan dapat membangun masyarakat yang inklusif dan sumber daya manusia (SDM) disabilitas yang unggul.

“Guna mendukung akses terhadap dunia usaha dan dunia kerja, Komisi IV DPRD Kota Bogor mendorong Disnaker Kota Bogor untuk melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi bagi kaum disabilitas,” ungkapnya kepada JabarEkspres.com dikutip Kamis, 8 Desember 2022.

Dirinya membeberkan, di dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Penyandang Disabilitas telah ditekankan terdapat pasal yang mengatur jumlah karyawan disabilitas yakni, sebanyak tiga persen.

“Melalui keterampilan dan kompetensi yang dimiliki, diharapkan memiliki akses yang sama terhadap dunia usaha dan dunia kerja,” sebutnya.

Dimensi inklusif, sambung dia, bisa dimaknai sebagai keleluasaan akses terhadap dunia kerja dan usaha, serta keleluasaan memanfaatkan ruang publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *