Situ Plaza Cibinong Banyak Ditumbuhi Ganggang, DPKPP Baru Turun Tangan!

KABUPATEN BOGOR– Keberadaan Situ Plaza Cibinong sebelumnya terlihat tidak terawat. Sebab, danau buatan yang ada di pusat keramaian itu, peruntukannya sebagai danau  pengenadali banjir di Wilayah Kabupaten Bogor.

Akan tetapi kondisinya, banyak ditumbuhi gangang liar, sehingga terjadi pendangkalan pada Situ Plaza Cibinong itu.

Melihat kondidi ini, Petugas gabungan TNI dan Polri bersama Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) bersama aktivis lingkungan Kabupaten Bogor bahu membahu untuk membersihkan situ Plaza Cibinong itu.

Sebanyak 120 Personil TNI Polri dan dinas terkait membersihkan situ dengan mengunakan perahu karet.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Ajat Rochmat Jatnika mengatakan, pembersihan setu ini dilakukan untuk menjaga kebersihan situ yang masuk dalam lingkungan Gedung DPRD kabupaten Bogor.

“Pada hari memang kita saat ini memang bersinergi bersih-bersih situ karena banyak tanaman ganggang,’’ kata Ajat kepada Jabarekspres.com, Minggu, (20/11).

Situ ini berada di dekat taman Cibinong dan Situ Plaza ini  mengusung konsep water floor city. Bahkan, ke depannya akan mengadakan event-event olahraga dan wisata.

‘’Jika situ itu bersih tentunya akan meningkatan juga wisatawan yang berkunjung dan keperluan olahraga air, seperti dayung dan lainnya,’’ kata Ajat.

Dia memaparkan, saat ini Kabupaten Bogor sendiri memiliki sebanyak 95 situ yang tersebar di wilayah kabupaten Bogor dan untuk di Cibinong Raya ada sebanyak 17 situ.

“Langkah-langkah yang kecil  harus kita lakukan dari forkopimda, dan ini tidak boleh berhenti harus terus menerus dilakukan, apalagi wajah cibinong itu ada di situ plaza ini bukan hanya Pemda Kabupaten,” lanjutnya

Ditempat yang sama, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin mengungkapkan, Pemkab Bogor sudah memiliki kepedulian untuk melakukan pengelolaan terhadap situ, tingal bagaimana masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan.

“Dengan bersihnya situ ini, maka masyarakat bisa mengambil nilai manfaat dari keberadaan situ baik dari tempat wisata atau kegiatan-kegiatan olahraga air,” ucapnya.

Polres Bogor menghimbau kepada masyarakat agar sama-sama menjaga kebersihan situ ini, dengan cara tidak membuang sampah didekat situ.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan