3 BASIC TARBIYATUL AULAD : Pilar-Pilar Penting Mendidik Anak, Sholat Adalah Bukti Nyatanya

Editor: Reporter: "PROF.AKRONIM" Dadan Sundayana

MENDIDIK anak adalah bagian dari investasi sangat penting bagi Ummat Islam, karena anak adalah amanah yang dititipkan oleh Alloh SWT yang apabila amanah ini dijaga dengan benar dan sebaik-baiknya maka Alloh SWT akan ridho. Anak juga salahsatu dari 3 perkara yang bisa menjadi penyelamat orang tua di Alam Barzakh atau 3 basic tarbiyatul Aulad..

Karena itu mendidik anak tidak boleh asal-asalan yaitu asal nanti jadi orang sukses karir di dunianya tapi harus menjadi washilah agar kita selamat dunia akhirat.
Apalagi kalau cuma sekedar asal dapat ijazah.

Nah, karena bagi kita Ummat Islam mendidik anak adalah salahsatu misi penyelamatan diri, maka perlu strategi yang tepat atau JITU yaitu Jelas tujuan dan Islami TUntunannya..

Pernah berbincang berbagi pengalaman, atau lebih tepatnya saya “mulungan” atau mengambil ilmu dari seorang Praktisi Pendidikan anak, ada yang cukup menarik ketika beliau menuturkan bahwa ada 3 pilar dasar yang beliau terapkan dalam mendidik anak yaitu :

1. FISIK
2. RELIGI
3. BICARA

– Mengapa FISIK menjadi hal yang paling dasar dalam proses mendidik anak…?
Karena ini modal awal dalam upaya menerapkan pola pendidikan yang tepat agar hasilnya bisa sesuai dengan harapan.
Dan FISIK ini kan betul-betul bukan pesanan kita, tapi Hak Prerogatif Alloh SWT yang mentakdirkannya terutama meliputi jenis kelamin, bentuk penciptaannya ( ada yang terlahir lengkap atau kurang lengkap ), dan kemampuan panca inderanya.
Dari keadaan FISIK inilah, menjadi panduan bagaimana menerapkan pola pendidikan yang tepat.

– RELIGI atau hal-hal yang berkaitan dengan keyakinan. Tentu saja sangat penting untuk diperhatikan dan ditanamkan sebagai dasar pendidikan untuk anak karena ini yang akan membuat anak terarah dan kuat secara mental.
Tidak mudah terbawa oleh perkara-perkara yang bisa mencelakakan dalam hidup dan tidak mudah putus asa dalam menjalani hidup.

– BICARA, ternyata dilatih kemampuan BICARA bisa merangsang kecerdasan anak.
Dengan dilatih untuk berani bertanya dan berani mengungkapkan apa-apa yang dipikirkannya lalu menjadi bahan “obrolan” dengan orang tua.
( tentang BICARA, akan dibahas tersendiri..Insyaa Alloh )

Jadi kesimpulannya dari hasil perbincangan tersebut : jika 3 pilar itu diterapkan sudah cukup sebagai modal dasar dalam mendidik anak agar anak tumbuh menjadi manusia yang baik.

Nah, bagaimana 3 pilar tersebut kaitannya dengan Islam…?

Tentu saja ada kaitannya, jika ada hal-hal yang baik yang ditemukan atau disimpulkan oleh siapapun yang bermanfaat didalam kehidupan, pasti sudah ada didalam Islam bahkan Islam dengan nilai-nilai Ilahiahnya bisa lebih mempertajam dan melengkapinya.

Jangan pernah satu titik partikel debupun kita meragukannya.

الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ ۖ فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ

“Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu.”

Begitu penegasan Alloh SWT didalam Al Qur’an Surat Al Baqoroh Ayat ke 147.

Dan kiranya bisa kita terapkan 3 pilar pendidikan diatas dalam upaya kita membentuk anak-anak kita menjadi “Para Penyelamat” sesuai dengan misi kita Ummat Islam, sekurang-kurangnya bagi orang tuanya.

Maka inilah 3 BASIC TARBIYATUL AULAD…

3 BAgian yang harus Sangat Intens untuk diCermati berkaitan dengan TAhapan Riyadhoh atau pemBInaan YAng secara berTahap Untuk diLakukan sebagai Arahan Utama atau Landasan dalam mendidik Anak-anak dari hal yang paling menDasar.

Sesuai dengan 3 pilar diatas maka kurang lebih sebagai berikut :

1. FISIK

Untuk pembinaan FISIK, sekurang-kurangnya inilah yang perlu ditanamkan sebagai dasar :

– FIthroh kelahirannya, meliputi jenis kelaminnya dan bentuk penciptaannya..
Jenis kelamin perlu ditegaskan agar anak tidak salah orientasi mengenai jati dirinya.
Artinya kalau Laki-laki maka dididik benar-benar sebagai laki-laki dan perempuan benar-benar sebagai perempuan.
Bentuk penciptaan diri, sunnatulloh ada manusia yang diciptakan dengan lengkap ada juga yang kurang lengkap termasuk panca indera , yang tentunya akan berbeda pula pola yang diterapkan dalam mendidik.

– Sehatkan dengan asupan makanan yang halal ( zat dan cara mendapatkannya ) dan thoyyib ( bergizi dan proporsi yang tepat ), sangat vital untuk memberikan makanan halal sebagai dasar pendidikan untuk anak karena akan sangat berpengaruh terhadap kondisi mentalnya..

– Insting bertahan hidup, harus dilatih agar mudah beradaptasi dengan segala kondisi terutama lingkungan tempat tinggal.
Bisa ditanamkan dengan secara rutin dibawa rihlah atau melakukan perjalanan agak diluar kebiasaan : hiking naik gunung misalnya atau ke tempat-tempat lain yang bisa melatih instingnya bertahan hidup.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *