3 BASIC TARBIYATUL AULAD : Pilar-Pilar Penting Mendidik Anak, Sholat Adalah Bukti Nyatanya

– Ketangkasan, perlu diberikan agar mempunyai keterampilan tubuh yang baik.
Ini bisa dilakukan dengan berolahraga.
Islam sangat menganjurkan olahraga bahkan ada beberapa olahraga yang disunatkan antara lain : bergulat, berenang, memanah dan berkuda.
( tentang manfaat-manfaat olahraga Sunnah akan dibahas tersendiri..insyaa Alloh )..

2. RELIGI

Karena kita sedang membahas terkait dengan Islam maka RELIGI ini adalah bagaimana anak-anak kita mantap hidup berjalan diatas REL Iman dan Ghiroh Islam.

Sangat luas jika dituangkan semua tentang ini baik dari Al Qur’an, Sunnah Rosuululloh Muhammad SAW, contoh para Sahabat dan berbagai arahan dari para ulama.

Karena di awal sudah disebutkan bahwa kita sedang mempersiapkan Strategi yang JITU agar bisa selamat sekurang-kurangnya di Alam Barzakh dengan washilah usaha kita dalam mendidik anak, maka ada hal-hal mendasar yang strategis untuk diajarkan secara praktis, yaitu :

– Tauhid

Yaitu bagaimana agar anak-anak kita tetap menyembah, menggantungkan harapan, merasa takut hanya kepada Alloh SWT melebihi selain kepada Alloh SWT ketika kita tinggalkan mereka di dunia karena kita sudah pergi ke Alam Barzakh..

– Membaca Al Qur’an

Urusan paling dasar seorang Muslim adalah bagaimana menuntaskan urusannya dengan Al Qur’an, termasuk didalamnya adalah harus mengajarkan Al Qur’an kepada anak-anaknya bahkan sebelum mereka dititipkan kepada para Ustadz.

– Sholat

Sholat adalah ibadah paling pokok yang harus diajarkan oleh orang tua Muslim kepada anak-anaknya, karena sholat adalah kaitan agar tauhid tetap terjaga ( seharusnya ) yang dengan itu akan menjadi jaminan keselamatan.

– Cara Pemulasaraan Jenazah

Sangat penting diajarkan, karena ini adalah salahsatu yang bisa membuktikan kaitan kasih sayang antara orang tua dan anak terjalin kuat.
Salahsatu yang harus menjadi harapan orang tua Muslim adalah ketika meninggal dunia maka anak-anaknya yang mengurus jenazahnya mulai dari memandikan hingga mengantarkannya ke liang lahat.
Masih banyak kejadian, ketika orang tua meninggal anak-anaknya malah kalang kabut bingung harus melakukan apa karena mungkin ketika hidup tidak pernah diajarkan.

– Hukum Waris Islam

Ini juga penting, jangan sampai ketika orang tua meninggal, anak-anaknya malah ribut bahkan bisa jadi berakhir dengan permusuhan karena masalah warisan.

Tinggalkan Balasan