Toilet Muda

“Hanya karena ada anak muda di desa itu yang merasa terpanggil. Ia juga siap menangani sampai pemeliharaannya,” ujar Naning. “Membangun toilet umum mudah. Siapa yang memelihara?” ujar Naning. “Yang di Kuta itu dipelihara oleh pemuda setempat,” katanyi.

“Mana yang lebih baik: toilet umum di Indonesia atau di India?” tanya saya.

“Di India ada political will,” ujar Naning. “Di sana mulai ada wanita yang minta dowri dalam bentuk calon suami membangun toilet keluarga,” ujar Naning.

Di Tiongkok soal toilet sampai menjadi program nasional: revolusi toilet. Di Tiongkok toiletnya terparah di dunia. Dulu. Revolusi toilet itu berhasil. Yang tersisa tinggal sedikit –sedikitnya Tiongkok.

Naning mungkin perlu membentuk asosiasi toilet pabrik, asosiasi toilet masjid dan musala, asosiasi toilet rumah sakit, asosiasi toilet terminal dan stasiun, asosiasi toilet pompa bensin, dan asosiasi toilet perkantoran pemerintah. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 9 November 2022: Menghitung Hari

Chei Samen

Salam.. Pagii..! … Pak Jo Neka Selamat Pagi/ Salam ceria Pak Amat Kasela/ Bang Leong Putu di bilang kuat kali/ Ku doakan tuan tuan terus bahagia.

 

Amat Kasela

Nasi lemang asalnya ketan/ Bunga rampai harum mewangi/ Leong putu lelaki pilihan/ Suami setia yang sayang istri// #LeongPutu

 

Leong putu

Ketan kukus gula merah / Amat nikmat bereng kopi / Disway tambah meriah / Ada pantun@Amat dan @Chei / 356_mantun_alakadarnya

 

Otong Sutisna

Menghitung hari… tulisan Abah jadi teringat masa dulu pas awal punya anak, perasaan senang, bahagia dll … pokoknya susah di ucapkan kata – kata. Begitu malam… kakak ipar bilang, ingat ya … harus menunggu 40 hari. Waktu itu takut lupa apalagi maka saya beli supermi 1 dus, isinya kebetulan 40 bungkus (pernah kepikiran mie instan pembuatan dusnya mungkin buat bapak – bapak puasa malam). Akhirnya dengan terpaksa saya makan mie instan tiap hari 1 bungkus, walaupun enek dan bosan tetap terus dilakukan, soalnya nanti di akhir makan yang ke 40 ada bonus mangkuk mie yang lebih gurih dan enak dan…..deh

Tinggalkan Balasan