Toilet Muda

 

Johannes Kitono

Nanti akan tiba saatnya. Putin pelukan sama Zelensky ajak minum vodka. Joe Biden kan pei sama Xi Jinping habiskan sloki Mao-thainya. Rishi Sunak makan nasi kari sama Tsai Ing wen. Jend Ming Aung Hlaing soja sama Aung San Suu kyi. Mahmoud Abbas cipika cipiki sama Yair Lapid di Jerusalem. Ebrahim Rausi pelukan sama MB Salman sambil tertawa. Then, Anies Baswedan salaman sama Basuki Ahok Purnama sambil berkata: Sorry bro, ternyata urus banjir dan macet Jakarta saja tidak bisa.Apalagi Indonesia. Eh datang Rocky Gerung naik sepeda ketemu Jokowi sambil berkata : Anda benar bekerja, bekerja dan bekerja. Beda dengan saya yang hanya bisa : Berdebat , berdebat dan berdebat. Kapan semuanya itu bisa terjadi ? Kalau motto G 20 ditambah : Meditation Together sehingga terjadi Harmony Mind. Ingin tahu bagaimana cara Meditasi. Silahkan tanya sama Menlu Retno yang juga alumni Meditasi Bali Usada di Bali.SSHB = Semoga Semuanya Hidup Berbahagia.

 

Agus Suryono

DUA MINGGU TIDAK BACA DISWAY.. Dua minggu saya tidak baca Disway. Karena lagi melakulan “Perjalanan ke Barat:. Tujuan: Mencari Kitab. Maksudnya: Belajar..!! Dengan catatan: 1. hanya bersama isteri. 2. Sun Go Kong tidak ikut.. Mulai luaa, saya akan baca, seperti dahulu kala.

 

Chei Samen

Bung Liam, Pulau Bunaken itu surganya penyelam. Saya menikmati syurga dasar laut Bunaken. Environment nya perlu dikekalkan andai ingin dimajukan. Kalau Bali, ya udah tersedia pulau wisata mancanegara. Ketika di Bali anak dan cucu saya mau ketemu saya di Mataram. Di Padang Bai saya ambil feri/boat 2-3 jaman ke Gili Trawangan dan Lombok. Jeti Lembar kalau tak salah. Memang indah. Dan warga Lombok turut bertuah, harus bersedia menerima ramai tetamu dari G20 Bali. Selamat Sore Bung Liam T. Salam Disway!

 

Liam Then

Jika barat memang benar-benar ingin, perang di Ukraina berakhir. Sebaiknya jangan cegah Mr.Putin datang. Juga jangan boikot datang, jika Mr.Putin ternyata mau datang. Aura kedamaian alam di Bali bisa sangat membantu di krisis semacam ini. Siapa tahu saja, bisa mengingatkan kembali para pemimpin itu, rileks dalam suasana damai , ternyata paling enak. Barat ini, aneh. Mau stop perang, tapi gengsi ,tak mau dialog, padahal sudah repot-repot di siapkan tempat, di lokasi pariwisata the best di dunia. Mobil listrik mahal anyar datang sampai ratusan. Agar semua senang. Ntar yang menang lelang mobil tersebut juya senang. Ini saya kepo, apakah sudah ada pesan-pesanan. Ex mobil KTT G-20. Lumayan loh, bekas baru. Bisa jadi cerita spesial waktu ngopi ; “mobil saya ini, dulu Mr.Putin duduk dibelakang ” Ironis memang, acaranya acara dialog. Forum nya, forum kerja sama. Tapi maen ngancam ngambek-ambekan. Dia mbebuh, aku metu. Gimana ini mister- mister. Musim dingin sudah didepan pintu. Gas dari Rusia datangnya masih tak menentu Mr.Biden sudah mulai eneg, “nyopoi” biaya perang Mr.Zelensky. Sampai-sampai muncul berita. Mr.Biden marah,lewat telepon, waktu di uber lagi oleh Mr. Zelensky, supaya tambah lagi “sopoi” biaya perangnya. Besok-besoknya Mr.Zelensky eling, ternyata bisa marah juga, langsung komen yang baik-baik tentang Amerika. Semoga perang di Ukraina cepat berhenti, karena sudah jadi sumber penderitaan bersama.

Tinggalkan Balasan