Toilet Muda

Naning lahir di Magelang, SD di Swedia, SMA di Belanda, dan kuliah di Belanda, Inggris, dan Amerika. Ketika pulang ke tanah air dia tidak bisa berbahasa Indonesia. “Tapi saya mengerti bahasa Jawa,” ujar Naning yang ayahnyi asal Magelang, bekerja di setneg lalu pindah ke Kemenlu. “Waktu pulang saya kursus bahasa Indonesia dulu di Santa Ursula,” ujar Naning.

Gelar Naning banyak: sarjana lingkungan, arsitek, dan desainer. Dia punya kantor arsitek di Jakarta. Terkenal sekali. Dia juga mendirikan Green Building Counsel. Dia fokus di situ. Akhirnya dia dipercaya sebagai lembaga yang berhak mengeluarkan sertifikat green building dan green product. “Dulu orang Indonesia harus mencari sertifikat ke Singapura. Mahal,” ujar Naning. “Sekarang tidak ada lagi yang ke Singapura,” katanyi.

Aktivitasnyi di dunia lingkungan membuat Naning jadi perhatian dunia. Ketika dunia perlu mendorong perbaikan iklim toilet di Indonesia Naning yang diundang.

Naning-lah yang mendorong perubahan kata ‘cleaning service di bandara Jakarta menjadi facility care. Dia juga yang mengharuskan mereka pakai seragam yang bagus. “Dengan sebutan facility care saya maksudkan agar mereka bisa menegur pengguna toilet yang sembrono,” ujar Naning. “Mereka harus berani menegur. Kan bajunya tidak kalah bagus,” ujar Naning.

Memang banyak pemakai toilet umum yang menganggap mereka masih pesuruh. Harga diri itu yang harus dibangun. Saya pun, ketika itu, sering ikut mereka membersihkan toilet –lalu dikritik sebagai pencitraan itu.

Naning baru saja membangun toilet umum di Pantai Kuta, Bali. Dilengkapi dengan shower. Lokasinya di ujung pantai Kuta. Itulah toilet umum standar untuk wisata pantai. Saya belum pernah melihatnya. Kalau ada pembaca Disway yang mendahului saya, tolonglah toilet itu difoto. Apakah benar-benar baik dan fungsional. Lalu, apakah banyak yang memanfaatkannya.

Naning juga lagi membangun toilet di pinggir sungai Serayu, Banyumas, Jateng. Agar sungai jangan lagi menjadi toilet terpanjang di dunia. “Sekarang ini 80 persen air sungai sudah tercemar kotoran manusia,” ujar Naning.

“Mengapa di Serayu? Bukan di Kalimas atau Bengawan Solo?”

Tinggalkan Balasan