Demi Jual Konten, Bayi Monyet Disiksa Secara Brutal di Tasik, Raup Cuan Rp10 Juta dari Pelanggan Luar Negeri

JABAREKSPRES.COM – Dua warga Sukajadi Desa Lengkong Barang, Kecamatan Cikatomas akhirnya ditangkap polisi.  Penangkapan dilakukan setelah identitasnya diketahui sebagai pelaku pembuat video bayi monyet disiksa secara brutal,  yang videonya sempat viral di media sosial Facebook.

Pelaku berinisial  AYN (25) dan In (25) telah mengakui perbuatannya. Ternyata mereka telah melakukan penyiksaan kepada monyet sebanyak 12 kali. Mereka melakukan mutilasi, menguliti hingga melobangi tubuh monyet menggunakan bor secara hidup-hidup.

Dari pengakuan dua tersangka ini, diketahui penyiksaan dilakukan untuk konten video yang kemudian mereka jual di media sosial.  Dari aksinya tersebut, mereka mendapatkan cuan alias keuntungan Rp 10 juta dari 12 konten.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya, AKP Ari Rinaldo mengatakan, pihaknya terus melakukan pengembangan  untuk kasus video sadis penyiksaan monyet dan lutung tersebut.

Hasil penyelidikan sementara, kata AKP Ari Rinaldo, mereka tidak hanya melakukan penyiksaan  terhadap monyet namun juga binatang lain.

“Selain itu mereka juga melakukan jual beli hewan monyet yang dilindungi, seperti musang dan lutung,” katanya.

Para tersangka menyiksa monyet untuk konten video dari hasil membeli di media sosial dan memburu sendiri.

“Termasuk membeli dari media sosial Facebook dan lainnya,” kata AKP Ari Rinaldo.

Para tersangka, kata Kasatreskrim, memiliki peran dalam kasus tersebut.

Tersangka AYN (25) bertugas melakukan penganiayaan, sedangkan tersangka In bertindak sebagai penjual.

“Itu peranan mereka, dalam kasus penganiayaan ini,” kata dia.

Konten video penyiksaan monyet tersebut dijual melalui Facebook.

Salah satu pelanggan video sadis penyiksaan monyet itu dari luar negeri.

“Caranya ditawarkan di Facebook, setelah deal lalu video penyiksaan itu dikirimkan kepada pemesan,” kata perwira pertama ini.

Bersamaan dalam pengusutan kasus ini, barang bukti yang disita dari kedua tersangka yakni satu ekor monyet dan satu ekor lutung.

Untuk monyet, terdapat luka di bagian muka. Sedangkan lutung tidak ada luka.

“Ada dua barang bukti yang dititipkan kepada kami yakni monyet dan lutung,” kata Plh Kasi BKSDA wilayah 6 Tasikmalaya, Tantan Rustandi di Mako Polres Tasikmalaya Selasa 13 September 2022.

Menurut dia, kedua hewan tersebut saat ini direhabilitasi di mitra BKPSDA untuk pemulihan. “Itu sedang proses rehabilitasi,” kata dia.

Tinggalkan Balasan