Gladi Resik Pemaparan Lomdeskel Tingkat Regional

BANDUNG – Menjelang dilaksanakannya tahap pemaparan Lomdeskel Tingkat Regional tahun 2022, Ditjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan rapat daring dengan seluruh peserta terkait penjelasan teknis pemaparan calon juara Lomdeskel.

Sebagaimana diketahui, Desa Cibiru Wetan Kec. Cileunyi Kab. Bandung dan Kelurahan Bintara Kec. Bekasi Barat Kota Bekasi keduanya menjadi wakil asal Jabar untuk masing-masing kategori pada Lomdeskel Tingkat Regional II.

Berdasarkan pengumuman penetapan hasil penilaian administrasi, Desa Cibiru Wetan dan Kelurahan Bintara berhak untuk melaju ke tahap selanjutnya, yaitu pemaparan.

Pada kategori desa, Cibiru Wetan akan bersaing dengan Desa Pleret (DI Yogyakarta), Desa Kendalbulur (Jatim), Desa Bandung (Banten), dan Desa Punggul (Bali).

Sementara Kel. Bintara asal Kota Bekasi akan bersaing pada kategori kelurahan dengan Kel. Jebres (Jateng), Kel. Suryatmajan (DI Yogyakarta), Kel. Kanigoro (Jatim), dan Kel. Karamgasem (Bali).

Desa Cibiru Wetan sendiri dijadwalkan akan lebih dulu mengawali tahap pemaparan pada tanggal 6 September 2022 di Jakarta. Disusul kemudian oleh Kelurahan Bintara yang akan memaparkan pada tanggal 12 September 2022.

Jafung Analis Kebijakan yang selalu mendampingi peserta Lomdeskel Regional asal Jabar, Nugi Sobarna, Desa Cibiru Wetan dan Kel. Bintara keduanya memiliki peluang yang cukup besar untuk meraih hasil terbaik pada Lomdeskel Regional II tahun ini.

Namun demikian, beliau juga mengakui persaingan pada masing-masing kategori, baik kategori desa maupun kelurahan diperkirakan akan berjalan sangat ketat.

“Desa Punggul dari Bali dan Kelurahan Suryamatjan asal DI Yogyakarta diperkirakan akan menjadi lawan tangguh untuk masing-masing kategori,” kata Nugi Sobarna di Bandung, Kamis (1/9).

Mengingat perkiraan saingan akan berlangsung ketat, pihak DPMD Jabar mengundang Owner Number One Broadcasting Vivie Novidia untuk memberikan pelatihan singkat kepada Desa Cibiru Wetan dan Kelurahan Bintara tentang bagaimana teknis dan cara menyampaikan paparan dalam Lomdeskel Tingkat Regional II.

Selain itu, Vivie Novidia juga membekali Tim Pemapar dari Desa Cibiru Wetan dan Kelurahan Bintara tentang public speaking.

Turut hadir pada acara gladi resik pelaksanaan pemaparan, Kabid Bina Desa, DPMD Kab. Bandung, Bag. Tapem Setda Kota Bekasi, Sekretaris Pokja IV TP-PKK Jabar, Kades Cibiru Wetan dan Lurah Bintara beserta seluruh jajarannya.(win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan