Mahfud MD Pastikan Hasil Autopsi Jenazah Brigadir J Bisa Dibuka ke Publik

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan, hasil autopsi jenazah Brigadir J alias Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat boleh dibuka ke publik. Hal itu tidak membutuhkan izin atau perintah hakim pengadilan.

“Hasil autopsi ini dibuka kalau pengadilan minta, boleh disiarkan ke publik apalagi ini menjadi perhatian umum itu kalau diperlukan,” kata Mahfud kepada wartawan, Jumat (29/7).

“Oleh sebab itu benar Kapolri, nanti kalau diminta oleh hakim, hasil autopsi itu disampaikan. Tapi kalau tidak diminta, boleh dan kapolri sudah mengumumkan itu akan dibuka. Oleh sebab itu jangan dibalik-balik, lalu dibilang tidak boleh dibuka ke publik,” imbuhnya.

Mahfud mengatakan, yang tidak boleh dibuka ke publik jika tanpa izin adalah riwayat kesehatan seseorang. Sedangkan hasil autopsi adalah termasuk kategori alat bukti sebuah kasus.

“Ini kan bukan orang sakit. Orang diduga menjadi korban kejahatan. Jadi boleh itu dibuka ke publik,” pungkasnya.

Sebelumnya, terjadi baku tembak antara sesama anggota polisi terjadi di rumah dinas Perwira Tinggi (Pati) Polri di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Peristiwa ini melibatkan Brigadir J dan Bharada E. Keduanya adalah ajudan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.

“Benar telah terjadi pada hari Jumat, 8 juli 2022, kurang lebih jam 17.00 atau jam 5 sore,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (11/7).

Peristiwa bermula saat Brigadir Nopryansah Josua memasuki area rumah dinas pejabat Polri. Dia kemudian ditegur oleh Barada E.

“Saat itu yang bersangkutan (Brigadir J) mengacungkan senjata, kemudian melakukan penembakan, dan Barada E tentu menghindar dan membalas tembakan terhadap Brigadir J,” imbuhnya. (jawapos-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan