Maksimalkan Bangun Minat Baca Masyarakat, Ini Konsep Perpustakaan Baru Desa Cicalengka Kulon

Editor:

Jabarekspres.com, Cicalengka – Bangun minat baca masyarakat, Desa Cicalengka Kulon, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung siap bangun perpustakaan.

Fasilitas khusus menunjang literasi warga itu, rencananya akan disiapkan di area Gedung Nasional yang berlokasi di wilayah Desa Cicalengka Kulon.

Sekretaris Desa (Sekdes) Cicalengka Kulon, Yusi Nursandi mengatakan, untuk ketersediaan buku bacaan sudah dimiliki sejak lama dengan jumlah yang cukup banyak.

“Sebelumnya kita fasilitasi literasi warga di Kantor Desa (Cicalengka Kulon). Cuman karena canggung dan segan mungkin, kunjungannya kurang, sedikit yang baca,” kata Yusi kepada Jabar Ekspres, Senin (4/7).

Dia menerangkan, melihat respons warga desa yang dinilai minim terhadap literasi, maka penyediaan buku pun dipindahkan ke tempat khusus di RW10.

“Di sana kita jadikan perpustakaan desa sekaligus tempat pelatihan penyablonan untuk warga Desa (Cicalengka Kulon),” ujarnya.

Menurutnya, dengan dipindahkannya buku-buku untuk mendukung literasi warga, dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

“Untuk buku-buku bacaan kita ada banyak, di sini (kantor desa) aja dekat meja pelayanan itu satu rak buku sisa dari yang sudah kita pindahkan ke RW10,” ucap Yusi.

Dalam pantauan Jabar Ekspres di Kantor Desa Cicalengka Kulon, terlihat tumpukan buku disusun rapih di rak khusus guna memfasilitasi warga jika ingin menambah wawasan sambil menyelesaikan kepengurusan administratif kependudukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.