Literasi Warga Masih Terbatas, Desa Tenjolaya Bandung Belum Miliki Ruang Perpustakaan

Editor:

Jabarekspres.com, Bandung – Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung sampai saat ini masih belum mempunyai perpustakaan untuk literasi warga.

Hal itu diakui oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Tenjolaya, Eman Sulaiman. Dia berujar, belum adanya perpustakaan desa disebabkan terbatasnya ruang.

“Kita enggak ada ruang untuk memfasilitasi warga dengan membentuk perpustakaan desa,” kata Eman kepada Jabar Ekspres saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (1/7).

Dia menerangkan, terbatasnya ruang untuk mendukung sarana dan prasarana literasi warga dengan dibangunnya perpustakaan desa karean Kantor Desa Tenjolaya tidak cukup luas untuk menyediakan fasilitas tersebut.

“Sudah penuh untuk kebutuhan dan kepentingan pelayanan masyarakat. Tanah carik juga kita lokasinya cukup jauh dan sebagian besar area lahan pesawahan,” ujar Eman.

Karenannya, menurut Eman, jika memanfaatkan tanah carik desa dinilai kurang efektif.

Di samping lokasinya yang jauh, kontur tanahnya kurang mendukung, sehingga jika dibangun ruang perpustakaan desa tidak bisa menjadi daya tarik warga untuk berkunjung.

“Kalau keinginan justru ada, supaya bisa memfasilitasi warga dan meningkatkan minat baca juga,” ucapnya.

Kendati belum mempunyai perpustakaan desa, berbagai buku bacaan untuk literasi masyarakat sudah disiapkan oleh Pemerintah Desa Tenjolaya.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di Kantor Desa Tenjolaya, terlihat berbagai buku bacaan tersusun rapih menggunakan rak khusus tepat di samping meja pelayanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.