oleh

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari, Simak Yuk!

Jabarekspres.com – Apakah Anda termasuk orang yang susah tidur di malam hari? Untuk itu, kenali beberapa penyebabnya agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Setiap orang harus memenuhi kebutuhan tidur, agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari berbagai penyakit.

Akan tetapi, ada sebagian orang yang mengalami susah tidur, sehingga tetap terjaga sampai pagi hari.

Jadi, apa saja penyebab orang susah tidur di malam hari? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber pada Senin 20 Juni 2022, begini penjelasannya.

Baca Juga:  Susah Tidur? Coba Minum Minuman Ini Sebelum Tidur

Ada beragam penyebab susah tidur di malam hari, mulai dari gangguan tidur, kebiasaan tidur yang buruk, hingga penyakit tertentu. tapi, ada juga beberapa hal yang juga sering menjadi penyebab susah tidur, seperti:

1. Minum minuman berkafein sebelum tidur

Konsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh, setidaknya 6 jam menjelang waktu tidur bisa menyebabkan Anda susah tidur. Hal ini karena kafein bisa menghambat kerja adenosin, yaitu senyawa aktif di otak yang memicu rasa kantuk.

Baca Juga:  Olahraga yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur, Tertarik Mencobanya?

2. Makan menjelang tidur

Kebiasaan makan mendekati waktu tidur juga bisa menjadi penyebab susah tidur di malam hari. Ini dapat terjadi karena saat makan, tubuh akan melepas hormon insulin untuk mengolah makanan menjadi energi.

Proses inilah yang bisa membuat ritme sirkadian atau siklus tidur terganggu dan membuat Anda tetap terjaga di malam hari.

3. Main gadget menjelang tidur

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.