Apa Itu Quiverfull? Ajaran yang Diduga Dianut Dokter Cline di Film “Our Father”

Apa Itu Quiverfull? Ajaran yang Diduga Dianut Dokter Cline di Film “Our Father”Netflix merilis film dokumenter terbaru berjudul Our Father yang tayang mulai Mei 2022 . Film ini merupakan kisah nyata seorang dokter yang ternyata ayah dari 94 anak.

Film “Our Father” berisi pengungkapan fakta mencengangkan mengenai nasab seseorang, yang bahkan menyebabkan inses antara mereka.

Tanpa diketahui selama puluhan tahun, dokter kesuburan Donald Cline melakukan eksperimen inseminasi sperma miliknya, terhadap pasien-pasien wanitanya.

Salah satu anak biologis sang dokter bernama Jacoba, bersama narasumber lainnya banyak menemukan teori menarik untuk mengungkap motif Dokter Cline.

Salah satu yang paling menarik adalah dugaan bahwa Dokter Cline berpacu pada ajaran Quiverfull. Apa itu Quiverfull?

Quiverfull adalah ajaran mengarah pada gaya hidup Kristen konservatif dengan misi memiliki anak sebanyak-banyaknya.

Dilansir dari hmn.wiki, ajaran Quiverfull menyebar luas di Amerika Serikat, dan juga memiliki pengikut di Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris dan di tempat lainnya.

Satu perkiraan tahun 2006 menyebutkan jumlah keluarga yang menganut filosofi ini berkisar dari “ribuan hingga puluhan ribu”.

Ketika metode pengendalian kelahiran maju selama akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, banyak gerakan Kristen konservatif mengeluarkan pernyataan resmi yang menentang ajaran Quiverfull  dengan alasan ketidakcocokan mereka dengan keyakinan dan cita-cita alkitabiah.

Didukung juga dengan trauma masa lalu Dokter Cline dimana sulit baginya untuk mengampuni dirinya sendiri. Hingga akhirnya menjadi orang religius namun dengan pemahaman yang delusional.

Apa Itu Quiverfull? Ajaran yang Diduga Dianut Dokter Cline di Film "Our Father"

Meski terlihat sebagai skenario motif yang sempurna, narasumber dari film dokumenter ini pun menutup statemen bahwa informasi ini masih berubah teori.

Mereka sendiri masih mengharapkan pengakuan dan pernyataan dari Dokter Cline akan maksud dari perbuatannya yang telah membuat banyak wanita merasa dinodai hingga krisis identitas pada anak-anak yang terlahir dari praktik inseminasinya.

“Our Father” merupakan film dokumenter dengan topik yang cukup disturbing dan bisa jadi akan menimbulkan ketidaknyamanan pada beberapa penonton. Namun, bagi yang penasaran dengan kejelasan kasus Dokter Donald Cline dengan manipulasi praktik inseminasinya, film dokumenter ini memiliki informasi yang menarik untuk disimak. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan