Pemudik Wajib Waspada, Ada Empat Jalur Tengkorak di Bekasi, Ini Daftarnya

BEKASI – Pemudik bermotor tahun ini diprediksi akan mengalami puncaknya pada tanggal 28-29 April 2022, karenanya Polres Metro Bekasi mengeluarkan imbauan untuk para pemudik tersebut, terutama bagi yang mencari jalur alternatif untuk menghindari kemacetan. Karena dibeberapa ruas jalan alternatif justru ada jalur tengkorak yang rawan kecelakaan.

Jalur tengkorak tersebut merupakan jalur yang paling sering memakan korban jiwa dari kecelakaan lalu lintas. Banyak faktor yang membuatnya menjadi jalur tengkorak, selain karena jalannya yang memang rusak, namun juga karena kurangnya penerangan dan jalan yang bergelombang.

Faktor-faktor tersebut yang membuatnya rawan akan kecelakaan, terutama bila memilih mudik di dimalam hari atau saat hujan, membuat jalan berlubang dan bergelombang tidak akan kelihatan.

“Dikarenakan faktor jalan, penerangan kurang, permukaan jalan masih banyak yang gelombang,” ujar Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kompol Arga Dija saat dihubungi awak media.

Arga menuturkan jalur-jalur tengkorak itu mesti diwaspadai para pemudik yang melewati Kabupaten Bekasi. Hal ini disebabkan rawan kecelakaan. Polisi sudah memetakan sedikitnya ada empat titik jalan yang menjadi jalur tengkorak.

Arga mengatakan pihaknya akan memberikan imbauan kepada para pengguna jalan. Selain itu, ia menyebut akan bekerja sama dengan instansi terkait di setiap pos-pos pengamanan.

“Memberikan imbauan kepada para pengendara agar lebih hati-hati, menyiapkan pos-pos pengamanan dan berkoordinasi dengan instansi terkait,” ucapnya.

Arga mengatakan sedikitnya ada 4 jalur yang perlu diwaspadai. Ke-4 jalur tersebut adalah:

1. Jalan Raya Jendral Urip Sumoharjo / Jalur Pantura Cikarang Timur sampai Kedungwaringin,
2. Jalan Raya Imam Bonjol sampai Jalan Raya Fatahilah Cikarang Barat,
3. Jalan Raya Sultan Hasanudin Tambun,
4. Jalur Kalimalang wilayah Tambun.

Sebelumnya, Polres Metro Bekasi menyiapkan pengamanan menjelang mudik Lebaran 2022.
Ada 13 titik pos pelayanan dan pos pengamanan yang ditempatkan di sepanjang jalur mudik untuk melayani masyarakat yang mudik Lebaran.

“Untuk di wilayah Kabupaten Bekasi ada 13 titik (pos), terdiri dari: 11 pospam (pos pengamanan) dan 2 posyan (pos pelayanan),” ujar Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kompol Arga Dija Putra saat dihubungi wartawan, Kamis (7/4). (kbe/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan