Minimalisir Resiko Kesehatan Selama Mudik, Kemenkes Siapkan 13 Ribu lebih Fasilitas Kesehatan dan 340 Pos Mudik Lebaran

JAKARTA – Untuk meminimalisir resiko kesehatan selama perjalanan mudik Lebaran tahun 2022, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan 13.968 fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, termasuk kedalamnya pos mudik lebaran.

Faskes tersebut terdiri dari 10.292 puskesmas, 3.034 rumah sakit, 251 Public Safety Center (PSC), 51 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 340 pos kesehatan.

Pos kesehatan tersebut akan memiliki fasilitas penunjang yang memadai, diantaranya akan dilengkapi dengan ambulance roda dua dan roda empat.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Kamis, 20 April 2022, mengatakan, penempatan pos mudik ini akan ada di berbagai rest area di jalan tol, gerbang tol, jalur tol, jalur jalan raya nontol, hingga sejumlah lokasi wisata.

“Adanya pos kesehatan ini diharapkan bisa meminimalisir risiko kesehatan selama perjalanan mudik, supaya mudik sehat, aman dan nyaman,” ujarnya.

“Ada 13.968 fasilitas kesehatan di seluruh provinsi sudah kita siapkan untuk melayani masyarakat baik dalam perjalanan mudik maupun di daerah tujuan agar akses dan pelayanan kesehatan semakin kuat,” tambahnya.

Sejalan dengan itu, Kemenkes mendorong pemudik untuk menyegerakan vaksinasi COVID-19 penguat atau booster.

Nadia menyampaikan, vaksinasi booster penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga perjalanan mudik jadi lebih aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.

“Lewat vaksinasi kita bisa mencegah risiko terinfeksi COVID-19 maupun dirawat dengan gejala berat ataupun risiko kematian akibat COVID-19. Kami mengimbau masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19 lengkap dua dosis yang dilanjutkan dengan booster,” kata Nadia.

Berdasarkan data dari Kemenkes per 21 April 2022 pukul 12.00 WIB, cakupan vaksinasi booster baru sebesar 32,78 juta dosis, atau sebesar 15,74 persen dari target.

Pemerintah terus mengakselarasi vaksinasi, salah satunya dengan menyediakan sentra vaksinasi di tempat umum maupun tempat ibadah. Nadia pun berharap mudik Lebaran ini bisa menjadi momentum bagi peningkatan cakupan vaksinasi booster tersebut.

“Bagi yang akan mudik lebaran, segera lakukan vaksinasi booster. Siapkan diri kita semua dalam keadaan sehat, agar kita dapat melindungi diri kita dan keluarga kita saat melakukan perjalanan, saat tiba dan saat kembali dari kampung halaman,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan