Tips Menghilangkan Rasa Dendam dari Buya Yahya

Jabarekspress.com – Rasa dendam di dalam hati seseorang terkadang sulit untuk dihilangkan, maka dalam kesempatan ini Buya Yahya akan memberikan tipsnya.

Rasa dendam termasuk sesuatu yang dibenci oleh Allah, oleh karena itu sebagai umat muslim harus menghilangkan sifat tersebut.

Lalu, bagaimana caranya menghilangkan rasa dendam di dalam hati? dilansir oleh Jabar Ekspres dari tayangan YouTube Al-Bahjah TV pada Kamis 3 Maret 2022, berikut ini tipsnya dari Buya Yahya.

Menurut Buya Yahya, seluruh umat muslim harus menghilangkan rasa benci terhadap orang lain, alangkah lebih baik jika kita saling membantu satu sama lain dalam berbagai hal dan niatkan karena Allah.

“Makannya semua bersama kami, yang bergabung dengan kami hilangkan rasa benci dengan sama-sama majelis, rasa dengki. Kalau perlu kita punya masjid mendukung masjid yang lain, kalau perlu kita punya pondok, mendukung pondok yang lain, kalau perlu kita punya majelis, membesarkan majelis yang lain, kalau perlu kita punya media, bantu media orang lain, tujuannya karena Allah,” kata Buya Yahya.

Jadi, rasa dengki, benci dan dendam akan menyiksa hati kita, maka jangan sampai memelihara perasaan tersebut, tapi sebaiknya membangun silaturahmi dengan rasa ketulusan.

“Intinya penyakit dengki menyiksa, penyakit benci menyiksa, penyakit dendam itu menyiksa, jangan dipiara kalau begitu, lah kita perlu membangun silaturahim yang sesungguhnya,” sambungnya.

Buya Yahya mengingatkan, ketika mendengar ceramah dari Al-Qur’an atau hadits Nabi dan Ulama, hendaknya kita menjadikan diri ini sebagai pendengar pertama.

“Ingat, biasakan disaat kita denger ceramah dan petuah apakah itu dari al-qur’an, atau hadits nabi, atau petuah ulama, hendaknya yang kita jadikan pendengar pertama adalah diriku sendiri,” ungkapnya.

Dengan demikian, resep untuk menghilangkan rasa benci ala Buya Yahya adalah memberikan kebaikan pada orang yang jahat kepada kita, memang itu terasa seperti mudah untuk dilakukan, tapi sulit untuk dipraktekan.

“Resepnya adalah berikan kebaikan kepada orang yang jahat kepadamu, kebaikan yang sangat mudah anda lakukan, yang sangat mudah anda lakukan, akan tetapi mudah tapi susah,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan