Invasi Rusia Belum Usai, 2 Pesepakbola Ukraina Ini Tewas dalam Perang

Jabarekspres.com – Perang yang sedang terjadi antara Ukraina vs Rusia telah merenggut banyak korban, dan diantaranya adalah dua pemain sepak bola profesional.

Memang, imbas dari serangan Rusia ke Ukraina ini bukan hanya dari kalangan militer saja. Akan tetapi, juga mengarah kepada masyarakat sipil.

Kabar duka itu dikonfirmasi Asosiasi Pesepakbola Profesional (FIFPRO), karena nyawa dua pesepakbola Ukraina yaitu Dmytro Martynenko dan Vitalii Sapyo, tewas pada Selasa (1/3/2022).

FIFPRO menyebut keduanya sebagai pemain sepakbola pertama yang meninggal dalam konflik bersenjata Rusia-Ukraina.

“Seluruh pikiran kami untuk keluarga, teman-teman dan rekan setim pesepakbola muda Ukraina Vitalii Sapylo (21) dan Dmytro Martnenko (25), korban sepakbola pertama yang dilaporkan dalam perang ini. Semoga keduanya beristirahat dalam damai,” tulis FIFPRO di Twitter.

Dmytro Martynenko merupakan pesepakbola yang bermain untuk klub FC Hostomel. Pemain 25 tahun itu menyabet gelar pemain terbaik divisi dua Ukraina musim lalu dan menjadi pencetak gol terbanyak.

Mengutip laporan Sky Sports Italia, Martynenko tewas setelah bom Rusia meledakkan apartemen tempat dia tinggal. Ibu Martynenko juga dikabarkan meninggal, sedangkan adik perempuannya yang baru berusia 7 tahun selamat dengan luka parah.

Sementara itu, Vitalii Sapylo merupakan pesepakbola yang bermain di klub divisi dua Ukraina, Karpaty Lviv. Pemain 21 tahun itu tewas dalam pertempuran di dekat Kiev.

Vitalii Sapylo tidak hanya berkarier sebagai pesepakbola, tetapi ia juga adalah perwira militer dengan pangkat komandan tank.

Agresi militer Rusia ke Ukraina mendapat kecaman internasional, hingga berujung sanksi kepada Negeri Beruang Merah.

Selain itu, FIFA melarang klub-klub dan tim nasional Rusia berlaga di pertandingan internasional apa pun, termasuk Piala Dunia 2022 yang akan datang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan