Bentuk G20 Studies Center, Airlangga Hartarto Harapkan Generasi Muda Mampu Beradaptasi dengan Tantangan Zaman

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, keberadaan generasi muda harus mempu menjawab tantangan zaman.

Hal ini dikatakan Menko Airlangga Hartarto ketika meresmikan G20 Studies Center dalam bentuk program kerjasama antara Universitas Pelita Harapan dan Kementrian Bidang Ekonomi.

Menurut Airlangga Hartarto, G20 merupakan forum untuk menuangkan ide, gagasan dan inovasi. Di dalamnya banyak tergabung citivitas akademika bersama pemangku kepentingan.

Pola Pembangunan berorientasi pada masa depan dengan prinsip keberlanjutan menjadi penting bagi kehidupan generasi mendatang.

Untuk itu, keberadaan generasi muda harus bisa merespon tren perkembangan teknologi yang semakin maju dengan pesat.

Generasi muda mendatang akan banyak menemuai berbabagai tantangan, seperti Geo-politik, Pandemi Covid-19 dan masalah perubahan iklim.

Untuk itu, dalam menjawab tantangan tersebut, Menko Airlangga meminta kepada seluruh Generasi Muda di Indonesia untuk menyiapkannya dari sekarang dengan membangun kualitas dan kemampuan diri.

Pemerintah Indonesia terus berkomitmen mendorong kebijakan progresif dengan memaksimalkan perannya dalam Presidensi G20 tahun 2022.

Pada momentum Presidensi G20 Indonesia ini, Pemerintah juga melibatkan peran serta generasi muda dalam Engagement Groups Youth20 (Y20).

Mengenai keberadaan G20 Studies Center harus bisa melahirkan generasi muda yang tangguh dengan mewariskan ilmu pengetahuan.

‘’Saya bangga dan berterima kasih kepada kepada pimpinan Universitas Pelita Harapan, Fakultas Ilmu Politik dan Sosial, dan para eksekutif G20 Studies Center Indonesia yang akhirnya mewujudkan peluncuran ini,” Tutur Menko Airlangga Hartarto.

Melalu perannya pada Presidensi G20, Indonesia tengah melakukan berbagai bentuki pendekatan antara pelaku bisnis dan pembuat kebijakan.

Pendekatan ini dilakukan dengan membuka ruang dalam bentuk Working Groups dan Engagement Groups. Hal ini dilakukan agar tercipta kesepahaman.

‘’Pemerintah akan bekerja secara inklusif dan kolaboratif untuk memajukan agenda yang relevan dengan tema Presidensi G20 Indonesia yaitu Recover Together, Recover Stronger,’’ucapnya.

Airlangga Hartarto berharap, G20 Studies Center Indonesia bisa menjadi inisiator untuk terbentuknya G20 Studies Center secara lebih luas.

‘’Tentunya berbasis Indonesia dan berpusat di Universitas Pelita Harapan maupun di kawasan,” pungkas Airlangga Hartarto. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan