Manfaat Daun Sendokan untuk Peradangan dan Obat Kanker

Manfaat Daun Sendokan untuk Peradangan dan Obat Kanker. Banyak yang tidak menyangka, Tanaman Sendokan, Tanaman pisang raja atau Centongan yang biasa tumbuh liar ternyata banyak memiliki manfaat sebagai obat herbal.

Dikenal karena tumbuh di mana-mana mulai dari tempat parkir hingga taman bermain., Tanaman ini juga sudah digunakan berabad-abad dalam pengobatan tradisional.

Dilansir Healthline.com, Kandungan daunnya mengandung senyawa yang dapat mengurangi peradangan, meningkatkan pencernaan, dan mempercepat penyembuhan luka.

Memiliki nama latin, Plantago mayor, sebetulnya tanaman ini berasal dari Eropa dan beberapa bagian Asia.

Ciri tanaman memiliki daun besar berbentuk lonjong yang dapat dimakan mentah atau dimasak. Tanaman ini juga menghasilkan bunga berwarna kehijauan.

Berdasarkan hasil penelitian memiliki manfaat kesehatan, berikut manfaat daun Sendokan:

Manfaat Daun sendokan dapat mengurangi peradangan

Gejala peradangan sendiri, menurut ilmu kedokteran adalah sebagi gejala awal penyakit yang merupakan respons tubuh.

Kandungan senyawa anti-inflamasi, termasuk flavonoid , terpenoid, glikosida, dan tanin adala zat yang sangat manjur untuk mengatasi berbagai jenis peradangan itu.

Dalam penelitian dengan menggunkan hewan percobaan tikus menunjukan kandungan zat daun sendokan dapat menurunkan peradangan.

Selain mengurangi peradangan manfaat daun sendokan juga dapat mengurangi enzim hati yang berguna untuk melindungi kerusakan hati.

Manfaat Biji Tanaman Sendokan

Biji tanaman sendokan memperlambat pertumbuhan sel kanker dan telah digunkan di dunia pengobatan tradisional sebagai obat kanker.

Tanaman sendokan juga dapat menyembuhkan luka dengan mengurangi peradangan, menghalangi pertumbuhan mikroba, dan menghilangkan rasa sakit. Caranya dengan mengoleskan gel yang mengandung lidah buaya dan daun sendokan.

Biji tanaman sendokan dapat mengatasi masalah pencernaan tertentu. Secara khusus, bijinya mengandung psyllium, sejenis serat yang sering digunakan sebagai pencahar alami.

Kandungan psyllium dapat memperlambat pergerakan saluran pencernaaan, yang dapat meningkatkan keteraturan usus dan membantu mengobati diare.

Sifat anti-inflamasi pisang raja dapat membantu masalah pencernaan seperti penyakit radang usus (IBD), yang dapat menyebabkan gejala seperti sakit perut, kembung , dan diare. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan