Airlangga Hartarto: Kebijakan di Sektor Properti untuk Berikan Kemudahan Masyarakat Miliki Rumah Layak Huni

JAKARTA –  Menteri Koordinator Bdang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sektor properti memiliki Multiplier Efek terhadap pertumbuhan perekonomian nasional.

Menurut Airlangga Hartarto, bidang property memiliki jalur produksi turunan terhadap 174 sektor Industri dengan pentyerapan tenaga kerja sebanyak 19 juta orang.

‘’Untuk itu pemerintah memberikan perhatian khusus kepada sektor properti dalam pemulihan ekonomi nasional,’’kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Sabtu, (26/2).

Dia menilai, pada 2020 ada sekitar 15,5 juta masyarakat Indonesia yang tidak di rumah tidak layak huni.

Pemerintah telah membantu dengan mengeluarkan berbagai kebijakan dan program untuk memberikan rumah layak huni. Khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Salah satu kebijakan untuk sector property adalah berupa insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang Ditanggung Pemerintah (DTP).

‘’Perumahan akan diberikan untuk penyerahan pada Masa Pajak Januari sampai dengan September 2022,’’ucapnya.

Besaran PPN DTP diberikan sebesar 50 persen untuk rumah tapak/rumah susun dengan harga jual paling tinggi Rp2 miliar.

Sedangkan untuk PPN DTP sebesar 25 persen diberikan untuk rumah tapak/rumah susun dengan harga jual di atas Rp2 miliar sampai dengan Rp5 miliar.

Selain itu, pemerintah juga memberikan dukungan berupa kemudahan perizinan untuk investasi di sector properti.

Airlangga Hartarto menuturkan, Selama Pandemi Covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan penjaminan kredit dan restrukturisasi.

‘’Penyaluran kredit dapat tumbuh positif di awal Triwulan IV-2021 dengan rasio NPL yang terkendali di kisaran 3 persen,’’ucapnya.

Airlangga Hartarto mengatakan, untuk sektor keuangan akan terus dioptimalkan fungsinya sebagai intermediasi terutama dalam mendukung sektor properti

‘’Beberapa kegiatan termasuk peningkatan literasi keuangan dan pendalaman pasar, serta akses pembiayaan ke seluruh masyarakat Indonesia,’’pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Menko Airlangga juga mengucapkan selamat kepada para nominator dan pemenang Indonesia Property & Bank Award 2022 dan Indonesia MyHome Award 2022.

Dia berharap, Penghargaan ini dapat menjadi pemacu untuk dapat terus berkarya dalam memajukan industri properti dan keuangan demi mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Pemerintah tetap berkomitmen untuk mendukung sektor perumahan dan sektor keuangan agar bersinergi dan optimis sehingga pemulihan ekonomi nasional dapat berjalan secara baik,” pungkas Airlangga. (red)

Tinggalkan Balasan